Skripsi

Media Relation Sebagai Strategi Humas Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Upaya Mewujudkan Citra

Abstraksi
Humas dianggap sebagai suatu kebutuhan yang mesti ada dalam sebuah perusahan/organisasi guna membangun hubungan dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan (stakeholder). Humas Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menyadari bahwa menjamurnya berbagai media massa dan derasnya arus informasi yang menerpa masyarakat belum merupakan jaminan akan pencerahan masyarakat. Oleh karena itu, humas Pemerintah DIY sangat penting dan strategis terutama dikaitkan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi pembangunan dan juga untuk pembentukan citra pemerintah DIY. Salah satu strategi humas dalam mewujudkan citra adalah dengan menjalin hubungan yang baik dengan media yang dikenal dalam istilah kehumasan sebagai Media Relations. Media Relations merupakan salah satu program humas untuk membangun hubungan dan komunikasi dengan publik. Peran media sangat berpengaruh dalam pembentukan citra Pemerintah DIY yang baik di mata masyarakat, karena produk dari media berupa berita dikonsumsi langsung oleh masyarakat. Dengan melakukan media relations, humas pemerintah DIY melakukannya melalui strategi media relations, yaitu: mengelola relasi, mengembangkan strategi, dan mengembangkan jaringan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data didapat dari hasil wawancara dengan teknik purposive sampling dengan satu orang key informan dari humas pemerintah DIY dan satu orang informan pendukung dari pihak media yang diwakili oleh wartawan harian Kedaulatan Rakyat. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di lapangan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa humas pemerintah DIY dalam mengelola relasi dengan media massa, melakukannya dengan memberi informasi, memberikan fasilitas press room, membangun hubungan informal dengan wartawan, dan membuat daftar media. Humas telah mengembangkan strategi dengan cara menggunakan berbagai macam media yaitu media cetak, media elektronik dan media internet. Selain itu humas juga selalu membangun dan memelihara kontak dengan media dengan cara melakukan pertemuan dengan media, memberikan fasilitas kepada media, melakukan kerjasama dan juga memberikan informasi yang merata pada semua media. Humas juga mengembangkan jaringan dalam melakukannya dengan organisasi kehumasan dan organisasi kewartawanan PWI. Humas bisa mendapatkan informasi yang terbaru mengenai kehumasan dan juga mengenai media yang selalu berkembang di DIY. //yeni

Seri
Catatan
Sumbangan dari Vivin Tondindi, PS. HUBKOM, Tahun 2014, jumlah 2 eksemplar
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000012233 48.95/HUBKOM/D-IV/14 R-HUBKOM Ada
2 0000012234 48.96/HUBKOM/D-IV/14 R-HUBKOM Ada
No Pengarang Jabatan
1 Vivin Tondindi Penulis
No Subyek
1 JURNALISTIK MEDIA RELATIONS
No Kata Kunci
1 HUMAS
2 MEDIA RELATIONS
3 PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
4 STRATEGI HUMAS
5 UPAYA MEWUJUDKAN CITRA
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisKarya Ilmiah
PenerbitSekolah Tinggi Multi Media MMTC
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2014
Call Number070.4340959827 VIV m
Kolasiix+76 hlm. 21x29 cm
Edisi-
BibliografiAda
Halaman75
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks2
Kembali