Skripsi dengan judul "Implementasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Pada Bagian Humas dan Informasi Pemerintah Kota Yogyakarta " ini ditulis oleh Bambang. Menurut penulis, Kompetensi kerja merupakan sayarat mutlak dalam mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi bagaimana penerapan sistem kompetensi kerja pada Bagian Humas dan Informasi Pemerintah Kota Yogyakarta. Informasi tersebut bisa dijadikan dasar dalam pemetaan jabatan akan kebutuhan SDM suatu institusi yang melaksanakan kegiatan komunikasi dan informasi guna mendiseminasikan informasi dari pemerintah kepada publik (governance to public) dalam mewujudkan peningkatan pelayanan publik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengang diskriptif untuk mendapatkan gambaran tentang kompetensi kerja di Bagian Humas dan Informasi Kota Yogyakarta. hasil penelitian menunjukkan kurangnya koordinasi antara SKPD yaitu Bagian Humas dan Informasi dengan Badan Kepegawaian Daerah Kota Yogyakarta sehingga tingkat kopentensi pegawai di Bagian Humas dan Informasi masih belum maksimal. Perlu penambahan baik dari sisi jumlah SDM dan peningkatan tenaga funsional tertentu dari berbagai bidang keilmuan yang antara lain ilmu teknologi informasi, komunikasi, desain grafis dan pranata kehumasan agar dalam mewujudkan visi dan misi pemerintah kota Yogyakarta yang profesional kedepan bisa segera terwujud. //yeni