Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi organisasi yang dilakukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam rangka membina hubungan baik dengan lingkungan internal dan menjalin koordinasi harmonis dengan lingkungan eksternalnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelancaran pelaksanaan kegiatan pelayanan informasi publik hingga memperoleh prestasi sebagai PPID terbaik adalah karena dipengaruhi oleh faktor kabijakan program bupati yang menjadikan Bagian Teknologi Informasi, Bagian Hubungan Masyarakat, Bagian Data Dokumentasi serta PPID satu atap, yang dijabat oleh satu kepala bagian saja. Adapun permasalahan yang ditemukan peneliti adalah belum ada honor atau gaji bagi pegawai yang diberi tugas dan tanggung jawab sebagai pelaksana kegiatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Belum melakukan sosialisasi Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik secara maksimal, dan juga belum memiliki garis hirarki terhadap badan-badan publik. //yn