Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi Humas dalam upaya membangun citra positif Lembaga di Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur periode 2011-2015. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik penelitian studi kasus. Berdasarkan analisis teori strategi komunikasi yang digunakan peneliti diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat sejumlah langkah strategi komunikasi yang disusun dan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak Jatim dengan melakukan perencanaan komunikasi dan manajemen komunikasi dimana didalamnya melakukan beberapa tahapan yaitu Identifikasi Masalah, Perumusan Tujuan Penyusunan Perencanaan Kegiatan dan pelaksanaan Rencana Kegiatan dan merumuskan 4 point strategi komunikasi yaitu migrasi wajib pajak ke e-filling, peningkatan kapasitas call center, memperluas fungsionalitas website, dan meluncurkan strategi komunikasi terpadu. Penulis berkesimpulan bahwa dalam membangun citra, Humas mempunyai peran yang penting dalam menyusun strategi komunikasi guna menjadi jembatan komunikasi antara lembaga dengan masyarakat. //yn