Dalam produksi sebuah film animasi banyak hal yang harus diperhitungkan dengan matang diantaranya menentukan konsep awal kemudian penyusunan tahapan produksi hingga akhir terbentuknya sebuah film animasi. Tahapan-tahapan produksi animasi memiliki perannya masing-masing, salah satu tahap yang sangat krusial dalam produksi animasi 3 dimensi adalah rigging. Karena tanpa rigging, sebuah karakter animasi tidak akan dapat digerakkan dengan leluasa. Proses rigging pada dasarnya membutuhkan ketelitian dan memakan waktu yang cukup lama. Namun dengan majunya teknologi, software 3 dimensipun banyak mengalami perkembangan salah satunya pada software Blender. Proses rigging manusia pada software Blender kini dipermudah dengan hadirnya titur tambahan ciptaan Nathan Vedaghl yang disebut rifigy. Rifigy sangat membantu kita dalam pemasangan tulang model dengan bentuk manusia, karena susunan rifigy sudah membentuk struktur tulang manusia. Dengan penggunaan rifigy dalam proses penulangan, kita dapat mempersingkat waktu produksi sebuah film animasi 3 dimensi, terutama dalam tahap rigging saat produksi.//yn