Minum kopi
sudah menjadi gaya hidup (lifestyle) sebagian masyarakat di Indonesia, hal
tersebut mengakibatkan terjadi pergeseran budaya minum kopi menjadi lebih
berkelas. Akhirnya minum kopi pun sudah mulai menjadi gaya hidup, baik kalangan
elit, menengah, maupun masyarakat kecil. Jumlah kedai kopi di Indonesia pun
meningkat dalam lima tahun terakhir yang diprediksi akan tumbuh sekitar 7% per
tahun hingga 2020. Penulis menggunakan beberapa sub format yaitu wawancara,
statement dan tutorial. Penulis membuat naskah berdasarkan fakta melalui riset,
yaitu dengan wawancara dan observasi. Proses penulisan naskah dilandasi oleh
data riset mendalam selama pra-produksi, penyempurnaan dan revisi data selama
produksi, dan penyeleksian serta pemilihan data selama pasca-produksi. Penulis
bertujuan untuk mengedukasi tentang perkembangan kopi, memberi informasi
seputar bisnis kopi dan menginspirasi penonton. Pada skripsi penciptaan karya
produksi ini, alur cerita menjadi kunci utama keberhasilan produksi agar pesan
dan informasi yang disampaikan mudah dipaham.. Penulis menerapkan unsur tangga
dramatik non-drama agar menarik perhatian penonton dan tentunya tidak
membosankan. Unsur tangga dramatik non drama yang diterapkan mulai dari
introduksi atau pemaparan, lalu ke topik agak menarik, kemudian lebih menarik,
lanjut ke topik paling menarik, kemudian ditutup dengan kesimpulan. Penulis
pada feature human interest yang menggambarkan kehidupan manusia dengan
lingkungannya, agar menimbulkan rasa simpati atau empati orang yang
menontonnya. Feature televisi Good Idea episode “Kozi, A Coffee Lab”, telah
sesuai dengan tujuan penulis dengan urutan tangga dramatic non drama yang
informatif, menarik dan mudah dipahami penonton. //ir