Teknologi
Permainan Musik merupakan seni yang universal dan memiliki banyak segmentasi
pendengar pada perkembanganya. Genre musik merupakan kategori dari karya seni musik.
Genre atau jenis musik yang sedang populer antara lain genre Dream Pop, Future
Soul, Electricore, Easycore. Banyak unsur yang dikembangkan menjadikan genre
musik saat ini semakin banyak serta membingungkan. Tujuan game “Beat Rhythm
Musika” dibuat sebagai media pengenalan serta pemahaman irama, tempo dan
karakteristik genre musik Pop, Hip-hop, Rock. Manfaat yang didapat pengguna
antara lain mendapatkan pemahaman dalam genre musik Pop, Hip-Hop, dan Rock
serta instrumen musik. Perancangan game Musika memiliki beberapa acuan teori
yang diilhami dari buku “Panduan Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman
Musik” oleh Jamalus (1988) dan “Game Design Second Edition” oleh Bob Bates
(2004), serta beberapa kajian penciptaan game yang sudah ada seperti game Mobile
Android Piano Tiles sebagai acuan gameplay dan Coldplay, The Doors serta The
Killers sebagai referensi genre musiknya. Dalam tahapan penciptaanya, game
Musika melalui tahapan proses antara lain praproduksi seperti riset, produksi
seperti pengerjaan asset visual menggunakan software grafis Corel dan
Phothoshop serta Fuity Loop untuk asset audio, pascaproduksi implementasi semua
asset pada game engine Unity, testing hingga publishing.Game Musika disimpulkan
sebagai game platform Mobile Android ber-genre Beat Rhythm dengan menggunakan
mekanisme kontrol touch screen. Dalam game ini menampilkan 3 pilihan stage
yaitu Stage 1 dengan genre Pop, Stage 2 Hip-Hop dan Stage 3 musik Rock.
Tampilan visual yang ditampilkan merupakantampilan
ikon instrumen musik akustik dan elektrik yang muncul sebagai beat map ketika
sumber suara dari musik menunjukkan instrumen tersebut. //ir