Skripsi

Game Beat Rhythm "Musika"

Abstraksi

Teknologi Permainan Musik merupakan seni yang universal dan memiliki banyak segmentasi pendengar pada perkembanganya. Genre musik merupakan kategori dari karya seni musik. Genre atau jenis musik yang sedang populer antara lain genre Dream Pop, Future Soul, Electricore, Easycore. Banyak unsur yang dikembangkan menjadikan genre musik saat ini semakin banyak serta membingungkan. Tujuan game “Beat Rhythm Musika” dibuat sebagai media pengenalan serta pemahaman irama, tempo dan karakteristik genre musik Pop, Hip-hop, Rock. Manfaat yang didapat pengguna antara lain mendapatkan pemahaman dalam genre musik Pop, Hip-Hop, dan Rock serta instrumen musik. Perancangan game Musika memiliki beberapa acuan teori yang diilhami dari buku “Panduan Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik” oleh Jamalus (1988) dan “Game Design Second Edition” oleh Bob Bates (2004), serta beberapa kajian penciptaan game yang sudah ada seperti game Mobile Android Piano Tiles sebagai acuan gameplay dan Coldplay, The Doors serta The Killers sebagai referensi genre musiknya. Dalam tahapan penciptaanya, game Musika melalui tahapan proses antara lain praproduksi seperti riset, produksi seperti pengerjaan asset visual menggunakan software grafis Corel dan Phothoshop serta Fuity Loop untuk asset audio, pascaproduksi implementasi semua asset pada game engine Unity, testing hingga publishing.Game Musika disimpulkan sebagai game platform Mobile Android ber-genre Beat Rhythm dengan menggunakan mekanisme kontrol touch screen. Dalam game ini menampilkan 3 pilihan stage yaitu Stage 1 dengan genre Pop, Stage 2 Hip-Hop dan Stage 3 musik Rock. Tampilan visual yang ditampilkan merupakantampilan ikon instrumen musik akustik dan elektrik yang muncul sebagai beat map ketika sumber suara dari musik menunjukkan instrumen tersebut. //ir

Seri
Catatan
Skripsi sumbangan Kevin Aditya Hermawan mahasiswa PS. Desain Teknologi Permainan tahun 2019 sebanyak satu eksemplar.
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000020493 48/58-DTP/2019 R. DTP Ada
No Pengarang Jabatan
1 Kevin Aditya Hermawan Penulis
No Subyek
1 GAME KOMPUTER - RHYTHM MUSIK
No Kata Kunci
1 GAME
2 BEAT RHYTHM
3 GAME BEAT RHYTHM
4 MUSIKA
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisKarya Ilmiah
PenerbitSTMM
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2019
Call Number005.5 781.2 KEV g
Kolasixv+84 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Edisi-
BibliografiAda
Halaman66
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali