Teknik Rigging dalam animasi 3 dimensi semakin beragam. Salah satunya rigging texture, yaitu penggunaan media texture yang dijadikan rigging facial expression serta lipsync pada karakter 3 dimensi. Teknik ini dalam software 3 dimensi Blender telah tersedia dan mudah dalam pengaplikasiannya. Pada tahapan produksi animasi 3 dimensi diawali dengan pembentukan ide film, konsep cerita, konsep film, dan penentuan proses produksi. Kemudian film diproduksi dimulai dari modelling, texturing, rigging, pengaturan lighting, layout, animate, dan rendering. Untuk pembuatan texturing yang akan digunakan sebagai facial expression ataupun lipsync dapat dikerjakan dengan software pengolah gambar seperti Adobe Photoshop. Teknik ini merupakan teknik yang menarik karena objek dan animasi yang dihasilkan merupakan penggabungan antara 2 dimensi dan 3 dimensi. Objek berupa 3 dimensi dengan animasi pada facial expression/lipsync berupa 2 dimensi. Pada film animasi 3 dimensi yang berjudul Hari Sial, menggunakan penggabungan teknik rigging dan texturing menggunakan software Blender. Tujuannya untuk memperkaya penggunaan rigging yang pengaplikasiannya tidak hanya pada objek 3 dimensi, melainkan juga texturing. Hasil dari penggunaan rigging texturing pada film animasi “hari Sial”, menjadikan film ini menjadi lebih menarik dengan karakter yang khas karena menggunakan facial expression dari rigging texture.//yn