Latar belakang penulis dalam membuat film pendek Rangda Awaken adalah untuk memperkenalkan desain karakter yang diambil dari referensi makhluk mitologi Rangda. Dalam pembuatan animasi 3 dimensi ini penulis banyak menggunakan perangkat lunak Blender 3D, terutama untuk menganimasikan model 3D. Untuk penciptaan asset 3D penulis menggunakan 3 perangkat lunak diantaranya Blender, Substance Painter, ZBrush. Basic model dibuat di Blender menambahkan detail di ZBrush kemudian diberi texture di Substance Painter. Untuk proses pra produksi mulai dari compositing sampai editing penulis menggunakan Adobe After Effect dan Afobe Premiere. Pada saat compositing penulis menambahkan beberapa efek seperti particle dan flare. Dari penggunaan beberapa perangkat lunak diatas penulis mendapat hasil yang cukup memuaskan terutama pada bagian texture model dari kombinasi hasil pahatan di ZBrush ditambahkan dengan texture PBR (Physical Based Rendering) dari Substance Painter memberikan tampilan render yang realistis. Begitu pula dengan hasil dari visual effects dari Adobe After Effect, penulis mendapat koreksi warna yang cinematic juga efek yang mendukung dalam film “Rangda Awaken”.//yn