Informasi merupakan data yang telah dikelola sehingga memiliki nilai guna dan manfaat. Dalam dunia pendidikan berlangsung pula kegiatan pengelolaan informasi. SMP Negeri 1 Sukoharjo adalah Sekolah Menengah Pertama dibawah naungan pemerintah yang telah melakukan pengelolaan informasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan informasi akademik dalam upaya meningkatkan pelayanan siswa di SMP Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh melalui Kepala Sekolah, Guru, Pengelola Web, dan Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan informasi akademik ynag dilakukan SMP Negeri 1 Sukoharjo sesuai dengan pengukuran kualitas informasi yaitu sesuai kebutuhan (relevance), ketepatan waktu (timelines), dapat dipercaya (realibility) dan akurat (accuracy). Namun masih ada kekurangan dari beberapa aspek tersebut berkaitan dengan pelayanan siswa melalui pelayanan prima dengan pendekatan sikap (attitude), perhatian dan tindakan (action). Pelayanan yang diberikan sekolah ke siswa masih kurang memuat informasi akademik secara keseluruhan. Maka penulis memberi pertimbangan relevansi pengelolaan informasi akademik dalam upaya meningkatkan pelayanan siswa.//yn