Penelitian ini membahas mengenai strategi kreatif iklan Pitpaganda pada media luar ruangnya. Seiring dengan meningkatnya minat dalam dunia iklan luar ruangan telah memberikan efek negatif, yaitu sampah visual. Permasalahan ini di respon baik oleh Pitpaganda yang memberikan pilihan alternatif dalam beriklan iklan luar ruang, khususnya di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif iklan pada penerapannya di media luar ruang dilihat dari kegiatan iklan yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh melalui ketua dan pelerja serta klien pengiklan yang menggunakan jasa biro iklan Pitpaganda Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kreatif iklan yang dilakukan Pitpaganda Yogyakarta menggunakan metode positioning, unique selling proposition, target audiens, dan appeals. Semua metode tersebut diterapkan pada media luar ruang melalui aspek ukuran dan dominasi, warna dan gambar, pesan-pesan singkat, zoning dan efek yang mencolok.//yn