Skripsi

Analisis Pesan Kreatif Iklan Tiket.com Berdasarkan Model Hirarki Dampak (Studi Deskriptif Kualitatif Pengguna Tiket.com Pada Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta)

Abstraksi
Iklan merupakan salah satu komponen penting dalam bauran promosi pada sebuah strategi komunikasi pemasaran. Pesan kreatif pada iklan menjadi tolak ukur daya tarik sebuah iklan yang dapat menciptakan respon positif konsumen dan merubah perilaku konsumen pada keputusan pembelian. Meningkatnya kebutuhan bepergian secara mudah dan praktis membjuat tiket.com harus bersaing cukup ketat deangan platform penyedia informasi serta layanan pemesanan tiket lainnya. Iklan menjadi garda terdepan bagi tiket.com untuk dapat mengukur respon konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana konsumen tiket.com merespon produknya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui analisis terhadap iklan yang kemudian direspon oleh informan yang bersangkutan. Pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat unsur pesan kreatif pada iklan tiket.com antara lain 1) Bintang iklan atau Endorser, 2) Pendekatan terhadap unsur humor atau humor appeals, 3) Pesan yang menarik rasa takut dan memicu rasa bersalah atau fear dan guilt appeals, 4) Pesan bawah sadar atau subliminial message, 5) Peran musik atau music role. Indikator pesan kreatif tersebut dapat ditemukan pada iklan tiket.com dan repon konsumen berdasarkan model hirarki dampak terhadap iklan cukup positif karena sebagian besar telah melewati tahap afeksi terhadap produk.//yn
Seri
Catatan
Sumbangan alumni STMM lulus tahun 2019 an. Shulby Rosa Halizah, PS. MIK, skripsi diterima tanggal 08-10-2019, sebanyak 1 eksemplar
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000022433 108/121-MIK/19 R. MIK Ada
No Pengarang Jabatan
1 Shulby Rosa Halizah Penulis
No Subyek
1 PERIKLANAN-KREATIVITAS BISNIS
No Kata Kunci
1 ANALISIS PESAN
2 IKLAN TIKET.COM
3 MODEL HIRARKI DAMPAK
4 PENGGUNA TIKET.COM
5 PESAN KREATIF IKLAN
6 STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisKarya Ilmiah
PenerbitSTMM MMTC
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2019
Call Number658.82 650.1 SHU a
Kolasixviii+154 hlm.; 21x30 cm.; illuss.
Edisi-
BibliografiAda
Halaman102
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali