Di lingkungan perguruan tinggi, komunikasi dibutuhkan dalam proses interaksi proses belajar mengajar maupun pergaulan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar komunikasi interpersonal dosen dengan lima dimensi yaitu keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menggunakan teori efektifitas komunikasi interpersonal (Ngalimun, 2018:38). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Penyiaran tahun Angkatan 2017 sebanyak 242 mahasiswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 71 mahasiswa ditentukan dengan menggunakan proportionate random sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner, uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Analisis data dilakukan analisis deskriptif dan regresi ganda. hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbukaan memberikan pengaruh dengan persentase sebesar 18,5%, empati memberikan pengaruh dengan presentase sebesar 12,5%, dukungan memberikan pegaruh dengan persentase sebesar 10,9%, selanjutnya adalah sikap positif memberikan pengaruh dengan persentase sebesar 16,3% dan kesetaraan memberikan pengaruh dengan persentase sebesar 15,2%. Secara bersama-sama keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan memberikan pengaruh positif dengan presentase sebesar 73,4%.//yn