Iklim komunikasi dalam organisasi bisa dipengaruhi dari berbagai hal seperti bagaimana cara anggota berkomunikasi dan bagaimana cara bersikap. Untuk dapat menciptakan iklim komunikasi dianggap lebih penting karena mempengaruhi bagaimana cara menyesuaikan diri di organisasi agar dapat menjalankan tugasnya masing-masing dengan lebih baik. Semakin ketatnya persaingan antar perguruan tinggi mendorong produktivitas kinerjanya. Peran kinerja dosen menjadi penting dalam upaya encapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui iklim komunikasi dalam meningkatkan kinerja dosn pada Universitas Boyolali. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui dosen Universitas Boyolali. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Universitas Boyolali terdapat iklim komunikasi (supportiveness, partisipasi, kepercayaan, keterbukaan, kinerja yang tinggi) dalam meningkatkan kinerja dosen.//yn