Dengan semakin banyaknya hotel butik di Yogyakarta, membawa masyarakat untuk tidak sekedar memilih tempat menginap yang nyaman, namun juga unik. Hal ini membuat YATS Colony sebagai salah satu hotel butik di Yogyakarta, perlu bersaing dengan hotel butik lainnya untuk meningkatkan brand awareness di tengah masyarakat melalui strategi marketing communications. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi marketing communications YATS Colony dalam meningkatkan brand awareness masyarakat Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa YATS Colony menerapkan lima strategi marketing communication, yaitu advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing. Dari kelima strategi tersebut, strategi advertising dan public relations adalah yang paling dominan diterapkan dan dirasakan oleh masyarakat. Namun pada beberapa nilai yang ingin diberikan oleh YATS Colony pada kenyataannya belum sepenuhnya sampai kepada pengunjung, sehingga keberadaan hotel pesaing lain masih unggul untuk diingat dalam benak pengunjung dan membuat YATS Colony saat ini belum berada pada tahap top of mind, dan masih berada pada tingkat brand recall.//yn