Dalam rangka mencapai tujuan organisasi, Kepala Sekolah SMK Miftahul Huda Ngroto perlu untuk membina dan menjaga motivasi kerja guru. Kepala Sekolah sebagai pimpinan bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dan membina motivasi kerja guru agar tetap terjaga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam membina motivasi kerja guru. Penelitian ini berfokus pada tiga pola komunikasi interpersonal, yaitu linear, interaktif dan trasaksional. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dianalisa menggunakan pendekatan analisis deskriptif yaitu menginterprestasikan data dengan kata-kata atau deskripsi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan guru di SMK Miftahul Huda Ngroto telah terlaksana dengan baik dan rutin. Komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan guru dilakukan secara langsung dan secara tidak langsung dengan perantara handphone. Pola komunikasi interpersonal dalam membina motivasi kerja guru adalah pola transaksional, yaitu kepala sekolah dan guru sebagai tanggung jawab dan efektivitas dari komunikasi. Motibasi kerja guru di SMK Miftahul Huda Ngroto berasal dari motibasi positif dan negatif yang diberikan oleh kepala sekolah serta motivasi secara langsung dan tidak langsung, selain itu motivasi kerja guru juga berasal dari pengalaman masa lampau dan dari keluarga masing-masing,//yn