Plastik menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan untuk pembuatan berbagai produk kebutuhan manusia. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bumi membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk mengurai satu produk sampah. Hal ini membuat Indonesia Ocean Pride sebagai salah satu organisasi pecinta lingkungan untuk lebih menggencarkan kampanye 4R yaitu reduce, reuse, recycle, dan replace guna memelihara lautan Indonesia yang begitu indah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Indonesia Ocean Pride dalam pengurangan sampah plastik di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori Strategi Komunikasi Kampanye dan juga melalui metode penelitian dekriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang mencakup observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Indonesia Ocean Pride menggunakan strategi Komunikasi Kampanye yang mencakup announcing (memberitahu), motivating (memotivasi), educating (mengedukasi), dan informing (penyebaran informasi). Namun dalam kegiatan kampanye tersebut, Indonesia Ocean Pride masih berusaha untuk mengupayakan kurangnya sampah plastik di Indonesia. Karena masih banyak masyarakat yang belum sadar akan bahaya plastik untuk lingkungan.//yn