Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai akun instagram dari wisata edukasi dan kawasan komersial De Tjolomadoe. Penelitian akun instagram @detjolomadoe_official adalah untuk mengetahui konten-konten promosi yang dimuat dalam akun instagram @detjolomadoe_official karena De Tjolomadoe dulunya adalah tempat yang sudah lama terbengkalai kemudian melakukan proses revitalisasi sehingga membutuhkan sebuah promosi untuk mengenalkan objek wisata edukasi dan kawasan komersial tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi tentang akun instagram @detjolomadoe_official sebagai media promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis isi profil instagram @detjolomadoe_official terdiri dari following, followers, jumlah postingan, bio, link, foto profil, instagram story, highlight, dan feeds. Konten-konten promosi yang diunggah berisi tentang informasi mengenai event yang akan berlangsung, promosi museum dan venue-venue yang ada di De Tjolomadoe. Pengguna hastag yang berguna untuk mencari postingan foto atau video menggunakan tanda (#) yang dibubuhi dengan kata kunci. Interaksi dari followers bisa dilihat dari like dan komentar yang diberikan di setiap postingan. Pengelolaan akun instagram @detjolomadoe_official terbilang berhasil, karena terlihat dari interaksi didalam akun instagram masyarakat tertarik untuk mengunjungi De Tjolomadoe. Dapat dilihat dari banyaknya followers dan banyaknya tanggapan dari netizen dalam memberikan komentar pada setiap postingan selama tahun 2017 sampai tahun 2020.//yn