Teknologi informasi semakin berkembang setiap harinya. Pemerintah pun dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman dengan menyediakan pelayanan elektronik. Dalam hal ini pemerintah daerah Istimewa yogyakarta membuat sistem informasi E-Lapor DIY sebagai salah satu bentuk layanan elektronik yang menyediakan layanan penyampaian keluhan secara online bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana efektivitas sistem informasi online dalam layanan pengaduan masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi penelitian di Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta (DISKOMINFO DIY). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Keabsahan data yang ditemukan di lapangan diuji dengan menggunakan analisis Interactive Model. Peneliti menggunakan teori Modek Kesuksesan Sistem Operasi yang dikemukakan oleh DeLone dan McLean. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Sistem Informasi Online "E-Lapor DIY" dalam Layanan Pengaduan Masyarakat di Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sudah efektif. Hal ini dapat dilihat melalui lima dimensi kesuksesan sistem operasi, yaitu Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Penggunaan, dan Kepuasan Pengguna masing-masing indikatornya mendapatkan hasil yang bagus. Indikator-indikator tersebut adalah yang memberikan penilaian terhadap efektivitas dari sebuah sistem informasi.//yn