Detail Buku
Nuansa Periklanan Korporat Meneropong Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Iklan Korporat Edisi 2
- ISBN
- 978-623-7572-08-4
- Pengarang
- Ujang Rusdianto
- Subyek
- ETIKA BISNIS
- Penerbit
- Suluh Media, Yogyakarta, 2021
- Klasifikasi
- 174.4
- Kolasi
- xiv+144 hlm.; 17x24 cm.; illus.
- Jenis
- Umum
- Status
- Tersedia
Dengan meleburnya perusahaan dalam memasuki ide
bisnis baru, setiap perusahaan perlu menyadari bahwa mereka adalah Korporasi.
Karena suatu perusahaan yang berkembang lebih besar, seringkali menyederhanakan
citra mereka untuk menyatukan aktivitas-aktivitas yang terpisah. Di sinilah
setiap perusahaan membutuhkan cabang iklan yang lebih dari sekedar iklan
komersial yang hanya mempromosikan produk atau jasa, tetapi juga Iklan Korporat
yang mengkomunikasikan perusahaan mereka sendiri. Meski demikian, sejatinya
suatu Iklan Korporat tidak hanya menyodorkan hal baik tentang tanggung jawab
sosial perusahaan atau CSR (Corporate Social Responsibility), namun memiliki
nilai sebagai iklan layanan masyarakat. Iklan Korporat tidak sekedar
mengkonstruksi “kebaikan”, tetapi juga perlu mengedukasi masyarakat tentang
“kebaikan” dan memberikan nilai tambah pada stakeholder. Membincang Iklan
Korporat bernuansa CSR lebih jauh, di luar pembahasan buku ini, ada kemungkinan
iklan-iklan CSR itu jatuh ke dalam kategori pengelabuan citra belaka – tanpa
terlebih dahulu bersungguh?sungguh meningkatkan kinerja dalam aspek sosial
dan lingkungan. Pengelabuan citra ini tentu saja sangat merugikan, sehingga
tidak bisa dibiarkan begitu saja. //ir