Detail Buku
Manajemen Media Kontemporer : Mengolah Media Cetak, Penyiaran, dan Digital
- ISBN
- 978-623-384-124-5
- Pengarang
- Muhammad Ikhwan
- Subyek
- MEDIA DIGITAL - MANAJEMEN
,JURNALISME - MANAJEMEN
- Penerbit
- Kencana, Jakarta, 2022
- Klasifikasi
- 070.068
- Kolasi
- xiii+228 hlm.; 14.8x21 cm.; illus.
- Jenis
- Umum
- Status
- Tersedia
Transformasi digital pada media adalah
keniscayaan. Tidak hanya media digital itu sendiri, tapi juga pada media
tradisional (media cetak dan media penyiaran: radio dan televisi). Tanpa
beradaptasi dengan teknologi, sebuah media akan kalah dan tenggelam dalam
gelombang informasi. Bagaimanapun, digitalisasi telah mengubah cara produksi
dan distribusi konten serta cara khalayak mengonsumsi media. Pada gilirannya,
konvergensi menjadi hal yang harus dilakukan. Tidak hanya pada tataran
teknologi, tetapi juga pada konten media dan juga pengelolaan ruang redaksi.
Realitas inilah yang kini melahirkan banyak tantangan dan konsep baru dalam
praktik media sehari-hari. Buku ini akan menyajikan berbagai hal tentang: (1)
Pengertian dan ruang lingkup manajemen media; (2) Manajemen, jurnalistik dan
strategi media cetak; (3) Manajemen organisasi dan produksi program radio; (4) Manajemen produksi dan strategi program
TV; (5) Pemanfaatan media sosial, TV digital dan konglomerasi media; (6) Kajian
media digital, konvergensi dan pengaruhnya terhadap ruang redaksi; (7) Hubungan
media sosial dan jurnalisme serta model bisnis media; (8) Elemen multimedia,
multimedia strorytelling dan contoh kasus penerapannya pada media; (9) Panduan
peliputan dan penulisan berita Covid-19. //ir