Detail Buku
Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara
- ISBN
- 978-623-372-303-9
- Pengarang
- Harbani Pasolong
- Subyek
- PEGAWAI NEGERI - MANAJEMEN
- Penerbit
- Rajawali Pers , Depok, 2022
- Klasifikasi
- 351.1
- Kolasi
- xiv+222 hlm.; 15x23 cm.
- Jenis
- Umum
- Status
- Tersedia
Manajemen Talenta adalah proses mendapatkan dan
mengembangkanĀ pegawai untuk memiliki
kinerja yang unggul di dalam birokrasiā. Sedangkan yang dimaksud talenta dalam
buku ini adalah pegawai yang memiliki kinerja tinggi dan kompetensi tinggi yang
diukur melaluiinstrumen yang disusun
secara sistemtis, objektif dan akuntabel.Jadi Talent adalah ASN yang memenuhi syarat dan telah dinyatakan lulus
dalam tahapan seleksi untuk selanjutkanya diusulkan kedalam Kelompok Rencana
Suksesi (KRS). Untuk itu tidak semua ASN dapat dianggap sebagai talent. ASN
yang memiliki talent adalah ASN yang memili kinerja tinggi dan kompetensi
tinggi yang diukur secara objektif dan akuntabel. Talent inilah yang kemudian
akan diprioritaskan untuk mendapatkan promosi dan pengembangan kompetensi
sebagai bagian dari investasi sumberdaya aparatur. Untuk dapat menjalankan
tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan tertentu,
Pegawai ASN harus memiliki profesi dan Manajemen ASN yang berdasarkan pada
Sistem Merit atau perbandingan antara kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang
dibutuhkan oleh jabatan dengan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang
dimiliki oleh calon dalam rekrutmen, pengangkatan, penempatan, dan promosi pada
jabatan yang dilaksanakan secara terbuka dan kompetitif, sejalan dengan tata
kelola pemerintahan yang baik. Manajemen ASN terdiri atas Manajemen PNS dan
Manajemen PPPK yang perlu diatur secara menyeluruh dengan menerapkan norma,
standar, dan prosedur. Buku ini isinya lebih banyak menjelaskan tentang
variabel-variabel yang berhubungan faktor-faktor yang memengaruhi kinerja ASN
yang akan berdampak kepada kepuasan masyarakat. Buku ini sudah menentukan
indikator-indikator variabel yang tidak dijelaskan oleh buku MSDM pada umumnya,
seperti indikator disiplin kerja, indikator kinerja, indikator pelayanan,
indikator kepuasan. //ir