Detail Buku
Komunikasi Pendidikan dan Media Baru
- ISBN
- 978-623-231-486-3
- Pengarang
- Linda Zakiyah
Kinkin Yuliaty Subarsa Putri
- Subyek
- TEORI PENDIDIKAN
- Penerbit
- Rajawali Pers , Depok, 2020
- Klasifikasi
- 370.1
- Kolasi
- xiv+396 hlm.; 15x23 cm.; illus.
- Jenis
- Umum
- Status
- Tersedia
Komunikasi yang kita lakukan tidak akan pernah
lepas dari tujuan, sekalipun tujuan komunikasi tersebut bisa saja tidak
disadari atau tidak dirumuskan secara baik. Namun pasti ada tujuan tertentu
dalam berkomunikasi. Tujuannya bisa saja menginformasikan, menghibur, mendidik
atau memengaruhi. Dalam konteks komunikasi pendidikan, latar dan lingkungan
komunikasi saat ini bisa disebut sebagai latar dan lingkungan yang saling
bersaing. Pesan-pesan yang disampaikan melalui komunikasi pendidikan di
keluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan bersaing dengan pesan-pesan yang
disampaikan pada dunia politik, ekonomi dan media massa sendiri. Apa yang
diajarkan melalui pendidikan harus bersaing dengan kenyataan yang ditampilkan
di media massa, khususnya televisi. Komunikasi manusia memang berlangsung pada
lingkungan tertentu, termasuk juga komunikasi pendidikan. Komunikasi pendidikan
tidak hanya berlangsung dalam lingkungan dan latar sosial, budaya, ekonomi, dan
politik tetapi juga berlangsung dalam lingkungan dan latar komunikasi tertentu.
Apalagi sekarang ini, kita hidup di dunia dengan media baru, yaitu media
digital yang memudahkan manusia untuk berkomunikasi di mana pun dan kapan pun.
Media baru ini muncul melengkapi media konvensional. Buku ini terbagi dalam
empat belas bab yang menjadi substansi penting yang membahas perihal Komunikasi
Pendidikan dan Media Baru. //ir