Detail Buku

Persepsi, Sikap, dan Prasangka dalam Komunikasi Antarbudaya

ISBN
978-623-372-351-0
Pengarang
Alo Liliweri
Subyek
KOMUNIKASI ANTARBUDAYA
Penerbit
Rajawali Pers , Depok, 2022
Klasifikasi
303.482
Kolasi
xii+290 hlm.; 15x23 cm.; illus.
Jenis
Umum
Status
Tersedia

Kita hidup dalam masyarakat yang multikultur atau masyarakat dengan keberagaman budaya. Keberagaman budaya itu mengandung keberagaman budaya dan subbudaya dalam suku bangsa, agama, ras, golongan, gender, usia, generasi, dan lain-lain. Sementara itu, dalam hidup keseharian, kita tidak hanya terikat pada satu identitas, tetapi memiliki lebih dari satu identitas. Beragam faktor identitas inilah juga menggambarkan budaya dan subbudaya yang mempengaruhi persepsi, sikap, dan prasangka ketika kita berkomunikasi antarbudaya. Buku ini menyajikan uraian secara ringkas dan padat, namun jelas dengan beberapa contoh teori dan penelitian empiris. Materi yang dibahas antara lain meliputi:  Bab 1 tentang persepsi; Bab 2 tentang persepsi antarbudaya; Bab 3 tentang hakikat nilai-nilai budaya; Bab 4 tentang norma-norma sosial dan budaya; Bab 5 tentang bagaimana kepentingan nilai dan norma dalam komunikasi antarbudaya; Bab 6 tentang status, peran dan identitas budaya; dan Bab 7 tentang bagaimana beragam identitas itu berperan dalam komunikasi antarbudaya; Bab 8 bagaimana prasangka kita “dilampiaskan” melalui stereotip sebagaimana diuraikan dalam Bab 9. Selain itu juga diterangkan tentang hubungan antara prasangka dan diskriminasi dalam Bab 10. Kemudian, diuraikan juga mengenai afeksi, emosi, dan prasangka pada Bab 11 dan dilanjutkan pada Bab 12 mengenai pengaruh prasangka terhadap komunikasi antarbudaya yang diuraikan dalam beberapa contoh riset. //ir

Berita Terbaru