Detail Buku

Penyusunan Standar Pelayanan Publik

ISBN
978-602-446-556-8
Pengarang
Sampara Lukman
Dadang Suwanda
Subyek
PELAYANAN PUBLIK
Penerbit
Remaja Rosdakarya, Bandung, 2021
Klasifikasi
352.63
Kolasi
xiv+170 hlm.; 15,5x24 cm.; illus.
Jenis
Umum
Status
Tersedia

Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah ternyata saat ini masih belum memenuhi harapan masyarakat. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah perlunya standar pelayanan publik. Standar ini merupakan tolok ukur penyelenggaraan pelayanan bagi pelaksana dan pengguna layanan. Komponen ini kemudian bisa menjadi acuan untuk mengukur efektivitas pelayanan dan menakar kepuasan pengguna layanan saat mengakses layanan di unit pelayanan publik. Buku ini fokus pada bagaimana penyusunan standar pelayanan publik. Memuat tujuh bab pembahasan, meliputi: Pentingnya standar pelayanan publik; Prinsip standar pelayanan publik; Partisipasi masyarakat dalam penyusunan, penetapan, dan penerapan standar pelayanan publik; Penyusunan, penetapan, dan penerapan standar pelayanan publik; Evaluasi pelaksanaan standar pelayanan publik; Standar pelayanan minimal (SPM) dalam pelayanan publik; Sistem operasional prosedur (SOP) dalam pelayanan publik. //ir

Berita Terbaru