Detail Buku
Penyusunan Standar Pelayanan Publik
- ISBN
- 978-602-446-556-8
- Pengarang
- Sampara Lukman
Dadang Suwanda
- Subyek
- PELAYANAN PUBLIK
- Penerbit
- Remaja Rosdakarya, Bandung, 2021
- Klasifikasi
- 352.63
- Kolasi
- xiv+170 hlm.; 15,5x24 cm.; illus.
- Jenis
- Umum
- Status
- Tersedia
Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur
pemerintah ternyata saat ini masih belum memenuhi harapan masyarakat. Salah
satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah
perlunya standar pelayanan publik. Standar ini merupakan tolok ukur
penyelenggaraan pelayanan bagi pelaksana dan pengguna layanan. Komponen ini
kemudian bisa menjadi acuan untuk mengukur efektivitas pelayanan dan menakar
kepuasan pengguna layanan saat mengakses layanan di unit pelayanan publik. Buku
ini fokus pada bagaimana penyusunan standar pelayanan publik. Memuat tujuh bab
pembahasan, meliputi: Pentingnya standar pelayanan publik; Prinsip standar
pelayanan publik; Partisipasi masyarakat dalam penyusunan, penetapan, dan
penerapan standar pelayanan publik; Penyusunan, penetapan, dan penerapan
standar pelayanan publik; Evaluasi pelaksanaan standar pelayanan publik;
Standar pelayanan minimal (SPM) dalam pelayanan publik; Sistem operasional
prosedur (SOP) dalam pelayanan publik. //ir