Detail Buku
Dialektika Digital : Kolaborasi dan Kompetisi Antara Media Massa dan Platform Digital
- ISBN
- 978-602-481-767-1
- Pengarang
- Agus Sudibyo
- Subyek
- ELECTRONIC DATA PROCESSING
,DIGITAL TECHNOLOGY INFORMATION
- Penerbit
- Kepustakaan Populer Gramedia, Jakarta, 2022
- Klasifikasi
- 004
- Kolasi
- xxi+479 hlm.; 15x23 cm.; illus.
- Jenis
- Umum
- Status
- Tersedia
Dialektika Digital: Kolaborasi dan Kompetisi Antara Media Massa dan
Platform Digital memotret keadaan faktual hubungan penerbit (media massa cetak,
radio, televisi, dan media siber) dengan platform digital (media sosial, mesin
pencari, agregator, situs e-commerce, dan lain-lain). Kedua belah pihak
berkolaborasi dalam mewujudkan mode baru bermedia, berkomunikasi, dan
berpariwara secara lebih efektif, tetapi sekaligus bersaing keras dalam
memperebutkan khalayak, kue iklan, dan pengaruh sosial politik. Transformasi
digital adalah sebuah keniscayaan bagi semua pengelola media konvensional.
Menolaknya sama sekali tidaklah realistis. Demikian juga, menggunakan berbagai
teknologi, perangkat, dan aplikasi penunjang yang disediakan platform digital
adalah hal yang sulit dihindari. Namun transformasi itu-juga adopsi atas
berbagai teknologi distribusi konten dan periklanan-membuat banyak media
semakin kehilangan kemandirian dan kekuatan untuk menjangkau khalayak.
Transformasi digital memberikan banyak pilihan dan kemungkinan baru, namun
sekaligus menghasilkan kemerosotan dan ketertinggalan. Platform digital bukan
sekadar perantara pendistribusian konten, melainkan juga menciptakan ekosistem
yang membuat pendistribusian konten itu-mau tak mau-mesti mengikuti aturan main
yang diciptakan sendiri. Kolaborasi sekaligus kompetisi yang terjadi antara
penerbit dan platform digital masih akan terus terjadi serta menentukan masa
depan industri media massa dan iklim kebebasan pers secara keseluruhan. //ir