Detail Buku
Segmentasi Psikografis dalam Program Magazine Show Televisi "Funcation" Episode The Interesting Side Of Gunungkidul
- ISBN
- Pengarang
- Syifa Sapphira
- Subyek
- MANAJEMEN PRODUKSI
,PRODUSER PROGRAM MAGAZINE SHOW
- Penerbit
- STMM , Yogyakarta, 2021
- Klasifikasi
- 658.5 778 59
- Kolasi
- xiii+79 hlm.; 21x30 cm.; illus
- Jenis
- Karya Ilmiah
- Status
- Tersedia
Penciptaan karya ini
bertujuan untuk memproduksi program melalui strategi seorang produser dalam
menentukan segmentasi penonton untuk menghasilkan program yang modern dan
menarik sesuai keinginan penonton berdasar riset. Informasi dan data untuk
memproduksi program ini didasarkan pada kajian pustaka, observasi, dan
wawancara. Sektor pariwisata di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan, hal
ini didukung oleh akses informasi yang tidak terbatas terutama melalui saluran
televisi yang mengusung program magazine show bertemakan wisata. Pada produksi
sebuah program dipimpin langsung oleh seorang produser. Produser dalam
merencanakan sebuah program harus menentukan segmentasi, targeting dan
positioning agar audience yang dituju dalam penyampaian program bisa menjadi
tepat sasaran. Selain itu, produser harus dapat memimpin sebuah jalannya
produksi, juga mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan dalam tahap pra produksi
hingga pasca produksi. Program ini berjudul FUNCATION, episode The Interesting
Side of Gunungkidul, bertema wisata dan membahas berbagai destinasi wisata di
Kabupaten Gunungkidul, berdurasi 24 menit, segmentasi penonton berusia 17-35
dan SES B. Program ini memiliki acuan program serupa yaitu My Trip My
Adventure, Weekend List, dan Ragam Indonesia. Program ini telah selesai
diproduksi melalui tahapan produksi dari pra hingga pasca dan dipasarkan dengan
pendekatan strategi produser berupa segmentasi psikografis. Segmentasi yang
dipilih adalah segmentasi psikografis karena program yang dibuat berdasarkan
fokus dalam mempelajari sikap konsumen yaitu keinginan untuk berwisata.
Segmentasi psikografis menjadi metode yg dilakukan oleh produser untuk bisa memahami
perasaan konsumen secara lebih baik, sehingga pemasaran bisa dilakukan secara
lebih tepat. //ir