Detail Buku

Segmentasi Psikografis dalam Program Magazine Show Televisi "Funcation" Episode The Interesting Side Of Gunungkidul

ISBN
Pengarang
Syifa Sapphira
Subyek
MANAJEMEN PRODUKSI
,PRODUSER PROGRAM MAGAZINE SHOW
Penerbit
STMM , Yogyakarta, 2021
Klasifikasi
658.5 778 59
Kolasi
xiii+79 hlm.; 21x30 cm.; illus
Jenis
Karya Ilmiah
Status
Tersedia

Penciptaan karya ini bertujuan untuk memproduksi program melalui strategi seorang produser dalam menentukan segmentasi penonton untuk menghasilkan program yang modern dan menarik sesuai keinginan penonton berdasar riset. Informasi dan data untuk memproduksi program ini didasarkan pada kajian pustaka, observasi, dan wawancara. Sektor pariwisata di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan, hal ini didukung oleh akses informasi yang tidak terbatas terutama melalui saluran televisi yang mengusung program magazine show bertemakan wisata. Pada produksi sebuah program dipimpin langsung oleh seorang produser. Produser dalam merencanakan sebuah program harus menentukan segmentasi, targeting dan positioning agar audience yang dituju dalam penyampaian program bisa menjadi tepat sasaran. Selain itu, produser harus dapat memimpin sebuah jalannya produksi, juga mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan dalam tahap pra produksi hingga pasca produksi. Program ini berjudul FUNCATION, episode The Interesting Side of Gunungkidul, bertema wisata dan membahas berbagai destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul, berdurasi 24 menit, segmentasi penonton berusia 17-35 dan SES B. Program ini memiliki acuan program serupa yaitu My Trip My Adventure, Weekend List, dan Ragam Indonesia. Program ini telah selesai diproduksi melalui tahapan produksi dari pra hingga pasca dan dipasarkan dengan pendekatan strategi produser berupa segmentasi psikografis. Segmentasi yang dipilih adalah segmentasi psikografis karena program yang dibuat berdasarkan fokus dalam mempelajari sikap konsumen yaitu keinginan untuk berwisata. Segmentasi psikografis menjadi metode yg dilakukan oleh produser untuk bisa memahami perasaan konsumen secara lebih baik, sehingga pemasaran bisa dilakukan secara lebih tepat. //ir

Berita Terbaru