Detail Buku

Strategi Produser dalam Pengembangan Ide Melalui Media Sosial untuk Program Dokumenter TV "Captured" Episode "Sore"

ISBN
Pengarang
Ain Naya Fatiah
Subyek
MANAJEMEN PRODUKSI
,PENGEMBANGAN IDE PRODUSER PROGRAM DOKUMENTER
Penerbit
STMM , Yogyakarta, 2021
Klasifikasi
658.5 153 2 070 18
Kolasi
viii+88 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Jenis
Karya Ilmiah
Status
Tersedia

Informasi mengenai penyakit mental di masyarakat khususnya kalangan usia 17-35 tahun sangatlah minim. Demi meningkatkan rasa kepedulian terhadap penyakit mental khususnya Post Traumatic Stress Disorder (PTSD), maka adanya program dokumenter Captured untuk memberikan informasi dan edukasi melalui tanyan media audio visual yaitu televisi. Pada produksi sebuah program dipimpin langsung oleh seorang produser. Produser bertanggung jawab dalam mengubah sebuah ide kreatif menjadi sebuah konsep yang praktis dan dapat dijual. Selain itu, produser harus dapat memimpin sebuah jalannya produksi, juga mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan dalam tahap pra hingga paska produksi. Dengan itu, produser melakukan penelitian terhadap topik melalui media social yaitu twitter yang mana banyak kalangan anak muda mengunggah cuitan atau keresahan tentang penyakit mental PTSD. Dengan unggahan tersebut dikatakan awal tahun 2020 merupakan tahun pandemic global yang menyebabkan stress yang melanda kalangan anak muda. Skripsi ini menerapkan teori manajemen perencanaan George R. Terry dai awal munculnya ide sampai ke tahap pengembangan. Teori ini digunakan agar produser dapat menentukan kemampuan programnya dalam memproduksi konten, jam tayang yang tepat untuk programnya, dan penempatan yang tepat untuk programnya. Hal tersebut dilakukan sebagai dasar produksi program dan untuk menunjang peluang keberhasilan program yang telah diproduksi dengan menggunakan pendekatan strategi manajemen melalui perencanaan program. Program ini berjudul Captured episode Sore yang membahas PTSD serta ditayangkan di hari sabtu dan minggu pukul 17.00 WIB. Program dokumenter ini berdurasikan 15 menit. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui strategi seorang produser dalam mengembangkan idenya secara efektif melalui media sosial untuk menghasilkan program yang modern dan menarik sesuai ketertarikan penonton yang diketahui melalui riset. //ir

Berita Terbaru