Detail Buku
Pengembangan Ide Kreatif dengan Metode Scamper dalam Produksi Program Feature Radio "Kaleidoskop" Edisi "Gaya Hidup Minimalis"
- ISBN
- Pengarang
- Dhea Nindita Rizky Ramadhani
- Subyek
- MANAJEMEN PRODUKSI
,PENGEMBANGAN IDE PRODUSER PROGRAM FEATURE
- Penerbit
- STMM , Yogyakarta, 2022
- Klasifikasi
- 658.5 153 2 778 59
- Kolasi
- xii+71 hlm.; 21x30 cm.; illus.
- Jenis
- Karya Ilmiah
- Status
- Tersedia
Program feature radio
merupakan program yang memberikan informasi tentang sebuah tren atau topik yang
sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat secara mendalam dari berbagai
sudut pandang yang dikemas menjadi beberapa subformat. Skripsi penciptaan karya
produksi program feature radio Kaleidoskop bertujuan menghasilkan program
feature radio yang menerapkan metode SCAMPER dalam mengembangkan ide, cara
produksi dan bentuk penyajian acara sehingga menghasilkan program yang lebih
menarik. Produser bertanggungjawab penuh dalam kualitas pengemasan sebuah
program. Metode SCAMPER digunakan sebagai strategi dalam merangsang ide
sehingga dapat meningkatkan keterampilan dalam menulis kreatif dan
mengembangkan kreativitas agar menciptakan ide baru sehingga memiliki ciri khas
tersendiri. Metode SCAMPER dapat dilakukan dengan pengumpulan data melalui
observasi, yakni mengamati, membaca buku maupun dari pengalaman hidup
seseorang. Setelah menerapkan metode SCAMPER yang terdiri dari Substitute
(mengganti), Combine (menggabungkan), Adapt (menyesuaikan), Modify
(memperkecil/memperbesar), Put to Other Uses (menggunakan untuk kebutuhan
lain), Eleminate (menghilangkan), dan Reverse (membalik)., teknik bercerita
atau storytelling pada pengemasan program feature menjadi salah satu ide yang
menarik. Teknik storytelling sparklines merupakan salah satu teknik populer
yang memfokuskan kepada perubahan dengan tujuan memotivasi pendengar. Melalui
penerapan metode SCAMPER, program Kaleidoskop menggunakan teknik storytelling
dan didukung dengan narasi yang diadopsi dari program tayangan “15 Minutes”
MetroTV hadir dengan konsep yang lebih menarik. //ir