Detail Buku

Strategi Product Placement dalam Pemasaran Sinetron "Tebih"

ISBN
Pengarang
Muhammad Fardil K Hilmi
Subyek
STRATEGI PEMASARAN - SINETRON
Penerbit
STMM , Yogyakarta, 2022
Klasifikasi
658.82 004 678 202
Kolasi
xiii+105 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Jenis
Karya Ilmiah
Status
Tersedia

Televisi saat ini masih menjadi salah satu media yang memiliki peranan penting sebagai media informasi, edukasi, dan juga hiburan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini mendukung kemajuan industri media audio visual baik dari segi pengembangan ide konten maupun bagaimana cara menonton. Kemudahan masyarakat untuk mengakses televisi menjadikan televisi sebagai media telekomunikasi yang efektif dalam penyampaian informasi dalam skala nasional. Hal ini mendasari penulis untuk menerapkan metode product placement yang halus dengan tujuan agar penonton tidak menyadari bahwa itu adalah suatu kerjasama produk. Strategi Product Placement merupakan strategi pemasaran untuk memberikan kerjsama sponshorship dalam bentuk biaya produksi, potongan harga, atau produk. Product placement yang disajikan tidak dipaksa masuk kedalam alur cerita, penonton nyaman dengan bagaimana karya ini dibungkus. Namun, dari sisi brand yang bekerjasama akan mendapatkan lebih banyak exposure, hal ini akan menguntungkan bagi brand tersebut. Selain penempatan produk juga dilakukan promosi penggunaan jasa atau merek yang dilakukan melalui program media tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas produk tersebut. Metode ini diawali dengan proses negosiasi dan pitching dalam menawarkan product placement ke suatu merek. Penulis sebagai produser dalam produksi sinetron “TEBIH” melakukan penawaran untuk mendapatkan keuntungan dan manfaat tersebut dari klien dibantu dengan media sosial instagram sebagai media untuk menyebarkan brand awareness sinetron “TEBIH. //ir

Berita Terbaru