Detail Buku
Perancangan Gamifikasi Tindakan Peringatan Dini Banjir Menggunakan Permainan "Cikeas-Cileungsi Overflow" pada Komunitas KP2C
- ISBN
- Pengarang
- Christoffel
- Subyek
- GAME KOMPUTER - PENGAMANAN BANJIR
- Penerbit
- STMM , Yogyakarta, 2022
- Klasifikasi
- 005.5 363 34936
- Kolasi
- xvi+79 hlm.; 21x30 cm.; illus.
- Jenis
- Karya Ilmiah
- Status
- Tersedia
Peran sistem peringatan
dini oleh Komunitas KP2C dalam memberikan informasi bencana banjir yang kerap
terjadi di daerah aliran sungai Cileungsi-Cikeas sangat membantu masyarakat
dalam mengurangi dampak dari bencana banjir yang tidak terhindarkan. Penciptaan
permainan “Cikeas-Cileungsi Overflow” bertujuan untuk mengenalkan pengetahuan
tentang tindakan yang berkaitan dengan peringatan dini banjir ke masyarakat
luas dengan lebih efektif dan menyenangkan. Dengan menggunakan metode
gamifikasi, kegiatan nyata yang dilakukan KP2C seperti berinteraksi dengan
warga melalui media sosial, mengawasi kondisi hulu sungai, sampai memberikan
peringatan bencana, dapat ditampilkan dalam bentuk yang lebih sederhana menjadi
sebuah permainan edukasi. Proses penciptaan permainan dilakukan dengan
melakukan riset terhadap macam kegiatan KP2C dalam menjadi sebuah instrumen
peringatan dini dan kemudian mengubah data tersebut menjadi sebuah mekanik
permainan. Melalui hasil testing game, 93,4% responden menyebutkan gameplay
yang ditampilkan di dalam game “Cikeas-Cileungsi Overflow” sudah cukup menarik
dan 90% responden menyatakan pemahaman tentang konsep sistem peringatan dini
banjir sudah tersampaikan dengan baik. Masih terdapat beberapa aspek yang perlu
dikembangkan kedepannya dari game “Cikeas Cileungsi Overflow” khusunya pada
mekanisme leaderboard yang masih memiliki kendala dan lanjutan pengembangan ke
platform Android. //ir