Detail Buku

Perancangan Gamifikasi Tindakan Peringatan Dini Banjir Menggunakan Permainan "Cikeas-Cileungsi Overflow" pada Komunitas KP2C

ISBN
Pengarang
Christoffel
Subyek
GAME KOMPUTER - PENGAMANAN BANJIR
Penerbit
STMM , Yogyakarta, 2022
Klasifikasi
005.5 363 34936
Kolasi
xvi+79 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Jenis
Karya Ilmiah
Status
Tersedia

Peran sistem peringatan dini oleh Komunitas KP2C dalam memberikan informasi bencana banjir yang kerap terjadi di daerah aliran sungai Cileungsi-Cikeas sangat membantu masyarakat dalam mengurangi dampak dari bencana banjir yang tidak terhindarkan. Penciptaan permainan “Cikeas-Cileungsi Overflow” bertujuan untuk mengenalkan pengetahuan tentang tindakan yang berkaitan dengan peringatan dini banjir ke masyarakat luas dengan lebih efektif dan menyenangkan. Dengan menggunakan metode gamifikasi, kegiatan nyata yang dilakukan KP2C seperti berinteraksi dengan warga melalui media sosial, mengawasi kondisi hulu sungai, sampai memberikan peringatan bencana, dapat ditampilkan dalam bentuk yang lebih sederhana menjadi sebuah permainan edukasi. Proses penciptaan permainan dilakukan dengan melakukan riset terhadap macam kegiatan KP2C dalam menjadi sebuah instrumen peringatan dini dan kemudian mengubah data tersebut menjadi sebuah mekanik permainan. Melalui hasil testing game, 93,4% responden menyebutkan gameplay yang ditampilkan di dalam game “Cikeas-Cileungsi Overflow” sudah cukup menarik dan 90% responden menyatakan pemahaman tentang konsep sistem peringatan dini banjir sudah tersampaikan dengan baik. Masih terdapat beberapa aspek yang perlu dikembangkan kedepannya dari game “Cikeas Cileungsi Overflow” khusunya pada mekanisme leaderboard yang masih memiliki kendala dan lanjutan pengembangan ke platform Android. //ir

Berita Terbaru