Detail Buku
Pembuatan Game "Digital Crash"
- ISBN
- Pengarang
- Faqih Syeikhudin Jiyad
- Subyek
- GAME KOMPUTER - PUZZLE - SENI DIGITAL
- Penerbit
- STMM , Yogyakarta, 2022
- Klasifikasi
- 005.5 7937 776
- Kolasi
- xiv+91 hlm.; 21x30 cm.; illus.
- Jenis
- Karya Ilmiah
- Status
- Tersedia
Game “Digital Crash” adalah
game dengan genre casual dan puzzle, dengan latar cerita kerusakan dunia digital
dan memiliki tampilan game labirin. Penciptaan game didasarkan oleh
perkembangan dunia digital yang sangat pesat terutama pada saat terjadinya
Covid-19 dan banyaknya orang yang terlalu menikmati dunia digital, serta tidak
memiliki pengetahuan tentang bahaya yang ada di dunia digital. Pemilihan game
dengan genre casual adalah agar player yang memiliki waktu sedikit tetap
mendapat manfaat dari game ini. Pemilihan genre puzzle adalah karena genre ini
adalah yang paling umum dan banyak digunakan untuk melatih otak dalam
menyelesaikan masalah. Pembuatan game ini melalui 3 tahap, yaitu praproduksi,
produksi, dan pascaproduksi. Produksi game ini dilakukan dengan engine Unity
dan visualnya dengan Corel Draw. Skripsi ini telah menghasilkan game yang bisa
mengedukasi player untuk mengetahui bahaya yang ada di dunia digital.
Berdasarkan penilaian 10 orang yaitu 5 orang pada umur 13-18 tahun dan 5 orang
pada usia 18 tahun keatas yang mencoba game ini, gameplay, visual, environment,
dan level game ini yang berhasil melatih melatih orang dalam memecahkan
masalah. Hasilnya adalah umur 13-18 tahun adalah 72,5%, 18 tahun keatas adalah
85% dan jika rata-rata maka hasilnya adalah 78,75%. Berdasarkan hasil tersebut
maka game telah layak digunakan ke dalam masyarakat. //ir