Detail Buku
Perancangan Antarmuka Game 3D "Balap Karung"
- ISBN
- Pengarang
- Anugrah Dwirangga
- Subyek
- ANTARMUKA GAME 3D - PERMAINAN
- Penerbit
- STMM , Yogyakarta, 2022
- Klasifikasi
- 005.437 790 1
- Kolasi
- xii+50 hlm.; 21x30 cm.; illus.
- Jenis
- Karya Ilmiah
- Status
- Tersedia
Permainan tradisional
adalah bentuk dari pengetahuan yang turun menurun, salah satu permainan
tradisional yaitu Balap karung. Interface merupakan salah satu unsur visual
yang membangun sebuah game. Antarmuka pengguna atau yang biasa disebut user
interface merupakan sebuah mekanisme komunikasi antara user atau pengguna
dengan sistem dapat memberikan informasi kepada pengguna yang memiliki tujuan
untuk membantuk mengarahkan alur navigasi sampai pengguna menemukan solusi yang
dicari. Penciptaan user interface pada permainan 3D Balap Karung sebagai
perancangan visual untuk game Balap Karung yang akan diciptakan pada sistem
berbasis android. Proses penciptaan visual user interface dilakukan dengan
melakukan riset terhadap penggunaan warna pada user interface. Penggunaan warna
yang sesuai pada style game Balap Karung akan digunakan. Metode System
Usability Scale (SUS) akan digunakan sebagai pengujian usability game Balap
Karung. Melalui hasil testing game menggunakan metode SUS dengan cara
menyebarkan kuesioner secara online yang akan diisi oleh para responden setelah
mereka bermain game Balap Karung, score rata-rata SUS 69,42 diperoleh setelah
menghitung hasil kuesioner dari responden. Menurut score dan hasil dari para
responden dapat disimpulkan bahwa usability pada game Balap Karung dikatakan
bagus serta tombol dan visual yang ada sesuai dengan tujuan fungsinya
masing-masing. Menurut teori penghitungan score SUS dengan score 69,42, game
Balap Karung mendapatkan rating Good daam segi usability. //ir