Detail Buku

Perancangan Antarmuka Game 3D "Balap Karung"

ISBN
Pengarang
Anugrah Dwirangga
Subyek
ANTARMUKA GAME 3D - PERMAINAN
Penerbit
STMM , Yogyakarta, 2022
Klasifikasi
005.437 790 1
Kolasi
xii+50 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Jenis
Karya Ilmiah
Status
Tersedia

Permainan tradisional adalah bentuk dari pengetahuan yang turun menurun, salah satu permainan tradisional yaitu Balap karung. Interface merupakan salah satu unsur visual yang membangun sebuah game. Antarmuka pengguna atau yang biasa disebut user interface merupakan sebuah mekanisme komunikasi antara user atau pengguna dengan sistem dapat memberikan informasi kepada pengguna yang memiliki tujuan untuk membantuk mengarahkan alur navigasi sampai pengguna menemukan solusi yang dicari. Penciptaan user interface pada permainan 3D Balap Karung sebagai perancangan visual untuk game Balap Karung yang akan diciptakan pada sistem berbasis android. Proses penciptaan visual user interface dilakukan dengan melakukan riset terhadap penggunaan warna pada user interface. Penggunaan warna yang sesuai pada style game Balap Karung akan digunakan. Metode System Usability Scale (SUS) akan digunakan sebagai pengujian usability game Balap Karung. Melalui hasil testing game menggunakan metode SUS dengan cara menyebarkan kuesioner secara online yang akan diisi oleh para responden setelah mereka bermain game Balap Karung, score rata-rata SUS 69,42 diperoleh setelah menghitung hasil kuesioner dari responden. Menurut score dan hasil dari para responden dapat disimpulkan bahwa usability pada game Balap Karung dikatakan bagus serta tombol dan visual yang ada sesuai dengan tujuan fungsinya masing-masing. Menurut teori penghitungan score SUS dengan score 69,42, game Balap Karung mendapatkan rating Good daam segi usability. //ir

Berita Terbaru