Detail Buku
Penerapan Algoritma Collision Avoidance System pada NPC Game 3D "Balap Karung"
- ISBN
- Pengarang
- Gugah Alwan Hamanako
- Subyek
- PEMROGRAMAN PERMAINAN VIDEO GAME
- Penerbit
- STMM , Yogyakarta, 2022
- Klasifikasi
- 005.1 794 8
- Kolasi
- xii+77 hlm.; 21x30 cm.; illus.
- Jenis
- Karya Ilmiah
- Status
- Tersedia
Saat ini dengan pesatnya
perkembangan teknologi, kita diberikan kemudahan mencari hiburan seperti game.
Sekarang ini game bisa dengan mudah dijalankan di berbagai media salah satunya
smartphone. Kebanyakan smartphone menggunakan sistem operasi (OS) Android dan
IOS. Di antara 2 OS tersebut yang sedang populer saat ini adalah Android
.Penelitian ini bertujuan untuk membuat AI NPC yang dapat menghindari setiap
obstacle yang ada dengan menggunakan algoritma Collision Avoidance System.
Hasil dari penelitian ini adalah permainan berbasis android dengan menerapkan
algoritma Collision Avoidance System yang dapat membuat AI NPC menghindari
obstacle. Penerapan algoritma pada NPC dibuat melalui 3 tahap yaitu Perancangan
dengan membuat flowchart dari algoritma, kemudian penulisan program dari
Collision Avoidance System dan terakhir pengujian pada AI NPC. Pengujian
dilakukan dengan membandingkan reaksi NPC 1 dan NPC 2 dalam melewati obstacle
ketika dalam berbeda jalur dengan dilakukan Bersama - bersama antar NPC.
Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan terhadap AI NPC, NPC berhasil
menghindari obstacle yang ada di depannya serta player . //ir