Detail Buku

GIM "Weapon of Nusantara"

ISBN
Pengarang
Nawastara Catur Dwi Respati
Subyek
GAME KOMPUTER - SENJATA
Penerbit
STMM , Yogyakarta, 2022
Klasifikasi
005.5 623 44
Kolasi
xvii+69 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Jenis
Karya Ilmiah
Status
Tersedia

Aplikasi multimedia interaktif memegang peran yang sangat penting sebagai media informasi, sosialisasi, serta edukasi. Video games sebagai bagian dari aplikasi digital interaktif juga memiliki peluang untuk menjadi media pembelajaran yang efektif apabila dirancang dengan tepat. Perancangan gim “Weapon Of Nusantara” memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengenal senjata perang tradisional Indonesia setidaknya dengan bentuk umum dari tiap senjata. Konsep dari karya ini menggunakan metode quiz untuk mengimbau pemain untuk mengenal senjata tradisional Indonesia. Metode penciptaan aset meliputi aset visual, audio, serta coding bahasa pemrograman C# menggunakan media software komputer. Tahapan penciptaan berupa tahap praproduksi, produksi serta pascaproduksi. Karya penciptaan produksi game “Weapon Of Nusantara” memakai referensi beberapa hutan yang ada di Indonesia sebagai desain Environment yang digunakan pada gameplay tiap levelnya masih hanya memiliki pertanyaan untuk daerah Jawa Barat, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Mengambil genre casual 3 dimensional(3D) platformer, serta berbagai environment yang meliputi 3 hutan yang ada di Indonesia meliputi, Taman Nasional Gunung Leuser Sumatera, Tanjung Putting Kalimantan, Taman Nasional Lorrentz Papua. Hasil akhir dari tahap penciptaan berupa aplikasi interaktif dalam bentuk video game untuk perangkat smartphone berbasis Android. Berdasarkan data yang diperoleh dari beberapa subjek maka rancangan dari gim “Weapon Of Nusantara” untuk level, mekanik serta environment dinyatakan berhasil serta sukses dikarenakan telah terealisasinya gim “Weapon Of Nusantara” ini. //ir

Berita Terbaru