Detail Buku

Penciptaan Game Puzzle "Enigma"

ISBN
Pengarang
Noferio Sandy Surya Nugraha
Subyek
GAME KOMPUTER - PUZZLE - BERPIKIR KRITIS
Penerbit
STMM , Yogyakarta, 2022
Klasifikasi
005.5 793 7 155 3
Kolasi
xi+59 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Jenis
Karya Ilmiah
Status
Tersedia

Berpikir kritis merupakan soft skills yang berkaitan dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah secara kreatif dan berpikir logis sehingga menghasilkan pertimbangan dan keputusan yang tepat. Untuk dapat menyadari bahwa berpikir kritis itu penting perlu adanya stimulasi yang membuat otak untuk berpikir, contohnya dengan memainkan game teka-teki/puzzle. Penciptaan game puzzle ENIGMA sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis seseorang. Dalam proses penciptaannya dilakukan riset secara pustaka yakni dengan mengumpulkan data mengenai permasalahan berpikir kritis dari buku, jurnal, maupun laporan hasil penelitian. Tahapan selanjutnya dalam pengolahan data yang sudah di dapatkan sebelumnya untuk dijadikan sebuah konsep permainan yang sesuai dengan permasalahan. Konsep diawali dengan bagaimana bentuk game akan dibuat. Konsep tersebut terdiri atas beberapa hal diantaranya adalah character, obstacle, dan win-lose condition. Hal tersebut memiliki elemen yang membentuk sebuah gameplay yaitu asset. Pada asset terdiri beberapa hal diantaranya environment, sound, serta user interface. Melalui hasil testing game mendapatkan rata - rata rating sebesar 84,7/10 dan 61,9% pemain menyatakan lumayan, 33,3% cukup, dan ada 4,8 % yang merasa lebih sangat berpikir ritis. //ir

Berita Terbaru