Detail Buku
Perancangan Game 2D Platformer T-Bot Adventure
- ISBN
- Pengarang
- Kumara Damar Pramodana
- Subyek
- PEMROGRAMAN GAME - PENGOLAHAN SAMPAH
- Penerbit
- STMM , Yogyakarta, 2022
- Klasifikasi
- 005.11 628 4
- Kolasi
- xiii+86 hlm.; 21x30 cm.; illus.
- Jenis
- Karya Ilmiah
- Status
- Tersedia
Masalah yang berkaitan
dengan lingkungan di Indonesia sudah semakin serius. Pengelolaan sampah yang
buruk menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan di berbagai wilayah. Belum
adanya game tentang pengolahan sampah yang bergenre 2D platformer mendorong
perlunya dibuat game bergenre itu. Game ini dinamakan T_BOT dan dibuat sebagai
media penyaluran informasi kepada masyarakat dalam isu lingkungan ini khususnya
permasalahan sampah. Pembuatan game ini dilakukan dalam 3 tahap, yaitu
praproduksi, produksi, dan pasca produksi. Pada tahap praproduksi, tim
melakukan brainstorming mengenai tema yang diangkat dalam game ini serta
melakukan riset tentang tema itu. Di tahap produksi, dilakukan pembuatan semua
aset game yang kemudian dimasukkan ke dalam game engine Unity. Pada tahap
pascaproduksi, game masuk ke dalam fase game testing dan debuging hingga layak
dirilis ke platform itch.io. Target usia pemain game ini adalah usia 15 tahun
ke atas. Pada gameplay-nya, karakter yang berupa robot harus berlari di atas
platform yang disediakan serta menghindari serangan musuh-musuh yang ada.
Pemain juga diwajibkan untuk mengambil objek sampah yang disediakan untuk
mengganti baterai yang habis karena digunakan untuk menggerakan karakter robot.
Hal itu menggambarkan sampah plastik yang banyak ditemui di area sekitar rumah
dapat diubah menjadi energi gerak untuk robot. Validasi game ini menyimpulkan
bahwa karakter, gameplay, dan environment game ini menarik dan dapat menjadi
sarana penyaluran informasi mengenai pengolahan sampah. //ir