Detail Buku

Perancangan Game 2D Platformer T-Bot Adventure

ISBN
Pengarang
Kumara Damar Pramodana
Subyek
PEMROGRAMAN GAME - PENGOLAHAN SAMPAH
Penerbit
STMM , Yogyakarta, 2022
Klasifikasi
005.11 628 4
Kolasi
xiii+86 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Jenis
Karya Ilmiah
Status
Tersedia

Masalah yang berkaitan dengan lingkungan di Indonesia sudah semakin serius. Pengelolaan sampah yang buruk menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan di berbagai wilayah. Belum adanya game tentang pengolahan sampah yang bergenre 2D platformer mendorong perlunya dibuat game bergenre itu. Game ini dinamakan T_BOT dan dibuat sebagai media penyaluran informasi kepada masyarakat dalam isu lingkungan ini khususnya permasalahan sampah. Pembuatan game ini dilakukan dalam 3 tahap, yaitu praproduksi, produksi, dan pasca produksi. Pada tahap praproduksi, tim melakukan brainstorming mengenai tema yang diangkat dalam game ini serta melakukan riset tentang tema itu. Di tahap produksi, dilakukan pembuatan semua aset game yang kemudian dimasukkan ke dalam game engine Unity. Pada tahap pascaproduksi, game masuk ke dalam fase game testing dan debuging hingga layak dirilis ke platform itch.io. Target usia pemain game ini adalah usia 15 tahun ke atas. Pada gameplay-nya, karakter yang berupa robot harus berlari di atas platform yang disediakan serta menghindari serangan musuh-musuh yang ada. Pemain juga diwajibkan untuk mengambil objek sampah yang disediakan untuk mengganti baterai yang habis karena digunakan untuk menggerakan karakter robot. Hal itu menggambarkan sampah plastik yang banyak ditemui di area sekitar rumah dapat diubah menjadi energi gerak untuk robot. Validasi game ini menyimpulkan bahwa karakter, gameplay, dan environment game ini menarik dan dapat menjadi sarana penyaluran informasi mengenai pengolahan sampah. //ir

Berita Terbaru