Detail Buku

Produksi Iklan dengan Komputer Generated Imagery (CGI) Menggunakan Blender 2.9 Studi Kasus: Iklan Galaxy Note 20 Ultra

ISBN
Pengarang
Muhammad Ikhsan Nurdin
Subyek
PERIKLANAN DI TELEVISI - PROGRAM APLIKASI
Penerbit
STMM , Yogyakarta, 2022
Klasifikasi
659.14 005 5
Kolasi
xii+103 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Jenis
Karya Ilmiah
Status
Tersedia

Video Iklan merupakan salah satu media untuk mempromosikan suatu produk. Secara umum video iklan harus menarik dari segi kemasan, konten hingga informasi mengenai kelebihan produk, maka diperlukan beberapa teknik untuk menghasilkan karya dengan estetika gambar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik pembuatan iklan berbasis CGI dengan menerapkan teknik variasi shot dan virtual lighting pada software Blender 2.9. Teknik yang digunakan uuntuk memproduksi iklan Galaxy Note 20 Ultra dilalui dengan beberapa tahapan, diantaranya. (1) Proses pembuatan CGI yang terdiri dari mengupulkan asset 3D (three-D), menata set, menganimasikan dan tahapan rendering. (2) Penerapan teknik variasi shot yang terdiri simple shot, complex shot dan developing shot dapat dilakukan dengan menggunakan virtual camera pengaturan dapat mencakup pergerakan, ukuran lensa, sensor, focal leght dan kedalaman fokus. (3) Penerapan virtual lighting pada Blender 2.9 dapat dilakukan dengan mengatur jumlah, posisi dan intentsitas cahaya dari empat tipe pencahayaan diantaranya point light, spot light, area light dan sun light. Dari hasil penelitan menunjukan bahwa teknik produksi iklan CGI dapat dilalalui dengan 4 tahapan, penerapan variasi shot mempermudah audience dalam memahami informasi terkait produk dan virtual lighting sangat berpengaruh dalam memperkuat visualisasi dan dimensi produk. //ir

Berita Terbaru