Detail Buku
Produksi Iklan dengan Komputer Generated Imagery (CGI) Menggunakan Blender 2.9 Studi Kasus: Iklan Galaxy Note 20 Ultra
- ISBN
- Pengarang
- Muhammad Ikhsan Nurdin
- Subyek
- PERIKLANAN DI TELEVISI - PROGRAM APLIKASI
- Penerbit
- STMM , Yogyakarta, 2022
- Klasifikasi
- 659.14 005 5
- Kolasi
- xii+103 hlm.; 21x30 cm.; illus.
- Jenis
- Karya Ilmiah
- Status
- Tersedia
Video Iklan merupakan salah
satu media untuk mempromosikan suatu produk. Secara umum video iklan harus
menarik dari segi kemasan, konten hingga informasi mengenai kelebihan produk,
maka diperlukan beberapa teknik untuk menghasilkan karya dengan estetika gambar
yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik pembuatan
iklan berbasis CGI dengan menerapkan teknik variasi shot dan virtual lighting
pada software Blender 2.9. Teknik yang digunakan uuntuk memproduksi iklan
Galaxy Note 20 Ultra dilalui dengan beberapa tahapan, diantaranya. (1) Proses
pembuatan CGI yang terdiri dari mengupulkan asset 3D (three-D), menata set,
menganimasikan dan tahapan rendering. (2) Penerapan teknik variasi shot yang
terdiri simple shot, complex shot dan developing shot dapat dilakukan dengan
menggunakan virtual camera pengaturan dapat mencakup pergerakan, ukuran lensa,
sensor, focal leght dan kedalaman fokus. (3) Penerapan virtual lighting pada
Blender 2.9 dapat dilakukan dengan mengatur jumlah, posisi dan intentsitas
cahaya dari empat tipe pencahayaan diantaranya point light, spot light, area
light dan sun light. Dari hasil penelitan menunjukan bahwa teknik produksi
iklan CGI dapat dilalalui dengan 4 tahapan, penerapan variasi shot mempermudah
audience dalam memahami informasi terkait produk dan virtual lighting sangat
berpengaruh dalam memperkuat visualisasi dan dimensi produk. //ir