Detail Buku
Penggunaan Toon Shader Pada Objek 3D dalam Animasi 2D “GIMBUL”
- ISBN
- Pengarang
- Mareta Syafilana Pradanu
- Subyek
- PRODUKSI FILM ANIMASI
- Penerbit
- STMM MMTC, Yogyakarta, 2022
- Klasifikasi
- 778.53 791.43
- Kolasi
- Jenis
- Karya Ilmiah
- Status
- Tersedia
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membantu dalam mengembangkan Background 3D pada animasi 2D dengan Toon Shader untuk render objek. Toon Shader adalah non photorealistic rendering (NPR) yang dibuat untuk menghasilkan hasil render 3D object yang mempunyai style cartoony. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Objek penelitian adalah Toon Shader. Pada penerapannya Toon Shader membuat hasil render objek 3D lebih terlihat cartoony atau tidak realistis agar asset dan property yang telah di render dapat terlihat lebih menyatu dengan animasi 2D “Gimbul” nanti. Kecepatan render menggunakan Toon shader terbilang sangat cepat karena tidak menggunakn Global Illumination untuk hasil rendernya, akan tetapi dalam beberapa kasus seperti objek yang bentuknya terlalu kompleks akan glitch di bagian shadow karena pengaplikasian lighting terhadap objek memang cukup sederhana.