Detail Buku
Manajemen Surat Kabar: Panduan Ilmu, Pengetahuan, Seni, Nurani, dan Intuisi

- ISBN
- 978-623-218-999-7
- Pengarang
- Yuni Mogot-Prahoro
- Subyek
- SURAT KABAR
- Penerbit
- Kencana Prenadamedia Group, Jakarta, 2022
- Klasifikasi
- 070.172
- Kolasi
- xx+224 hlm.; 14x20,5 cm.; ilus.; Cet. 1
- Jenis
- Umum
- Status
- Tersedia
Kehadiran internetbyang membawa media baru dan kebiasaan baru telah menimbulkan dampak pada kompetisi antarmedia cetak, khususnya surat kabar. Perkembangan industri surat kabar konvensional (cetak) di Indonesia saat ini, menemui berbagai tantangan khususnya dalam menepis gempuran media online maupun media sosial. Seiring perkembangan teknologi informasi, surat kabar pun secara perlahan tapi pasti mulai bermetamorfosis ke dalam berbagai bentuk digital demi memenuhi tuntutan zaman. Era teknologi informasi membuat perusahaan surat kabar harus mampu berinovasi untuk mempertahankan jalannya usaha, sekaligus tetap komit pada idealisme jurnalisme yang positif. Bukan hanya tata kelola perusahaan, buku ini juga memberi keluasaan wawasan tentang pengelolaan media online, karakteristik dan elemen surat kabar online, serta etika bisnis yang menyertainya. Selain mengupas tuntas manajemen surat kabar, buku ini juga membahas pentingnya fungsi public relations dan corporate communication sebagai bagian tak terpisahkan dari tata kelola perusahaan surat kabar. Tata kelola perusahaan surat kabar bukanlah hal sederhana, namun demikian dalam buku ini penulis dengan teliti, sistematis, dan mendalam telah memahamkan pembaca untuk mengetahui dan memahami persoalan media cetak khususnya persuratkabaran. Sebagai praktisi, penulis memiliki dasar empiris untuk menjelaskan tentang apa, mengapa, dan harus bagaimana pengelolaan industri surat kabar di era new media. Di sisi lain, buku ini tidak kehilangan intuisi dan ekspresi akademis yang harus dipenuhi suatu tulisan akademis, dan ekspresi akademis yang harus dipenuhi suatu tulisan akademis, dan memenuhi kaidah-kaidah keterukuran, sehingga membuatnya layak dibaca dan dijadikan referensi oleh kalangan akademisi maupun praktisi, dan insan-insan komunikasi.