Detail Buku

Gamifiation: Membuat Belajar Seasyik Bermain Game

ISBN
978-623-01-2797-7
Pengarang
Noralid Purwayunita
Richardus Eko Indrajit
Subyek
PROJECT METHODS-EDUCATION & TEACHING
Penerbit
Penerbit Andi, Yogyakarta, 2022
Klasifikasi
371.36
Kolasi
viii+96 hlm.; 14x21 cm.; ilus.
Jenis
Umum
Status
Tersedia

Ganifikasi merupakan penerapan teknik dan strategi dari suatu permainan ke dalam konteks nonpermainan yang bertujuan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan prestasi dari pengguna. Gamifikasi telah banyak digunakan pada bidang lain selain pendidikan. Dalam bidang transportasi seperti Gojek dan e-commerce seperti pada aplikasi Shopee merupakan contoh gamifikasi dalam bidang nonpendidikan. Penggunaan gamifikasi dalam pembelajaran akan meningkatkan motivasi dalam belajar baik dalam kondisi formal dan informal. Dalam dunia pendidikan, game dapat masuk karena adanya unsur learning. Karena sifatnya berusaha untuk mencapai tujuan maka terjadi proses belajar di dalamnya yang berpusat pada interaksi dan umpan balik. Banyak platform dan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat gamifikasi pembelajaran. Proprofs Brain Games, Educandy, Puzzle Maker, Scratch, Minecraft Education dapat dijadikan pilihan untuk membuat games edukasi. Ada banyak jenis games yang dapat kita buat, mulai dari teka-teki silang, jigsaw, kartu memori, mencari kata, puzzle, word scramble, dan lainnya. Kita dapat menetukan sendiri jenis permainan yang kita inginkan. Tentunya permainan tersebut haruslah yang menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar online. daftar pertanyaan dan jawaban pun dapat kita sesuaikan dengan materi yang disampaikan. Dengan demikian, belajar sambil bermain dapat dilakukan.

Berita Terbaru