Buku

Sherlock Holmes Misteri Pembunuhan Beruntun A Study in Scarlet

Aku tahu kamu dari Afganistan. Alur pemikiranku seperti ini: Ini tipe pria dari bidang medis, tapi dengan aura militer. Jelas seorang dokter tentara. Dia baru datang dari negara tropis, karena wajahnya gelap, dan itu bukan warna alami kulitnya, karena pergelangan tangannya cerah. Dia telah mengalami penderitaan dan penyakit, terlihat jelas dari wajahnya yang tirus. Lengan kirinya cedera. Dia memegangnya dengan sikap kaku dan tidak wajar. Di daerah tropis mana seorang dokter tentara Inggris bisa mengalami penderitaan parah dan lengannya terluka? Jelas di Afganistan. Diawali dari sebuah pertemuan yang sangat mengesankan, Dokter Watson tanpa ragu mengakui bahwa Sherlock Holmes lebih dari seorang genius berpengetahuan luas, tapi juga memiliki kecermatan luar biasa dalam mengamati apa pun di sekelilingnya. Ini adalah kasus pertama yang dihadapi sepasang detektif dari Baker Street 221B. //ir

Oleh Doyle, Sir Arthur Conan

Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia

Mayoritas mahasiswa saat mengambil mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Manajemen Strategik, penyusunan skripsi, tesis, maupun disertasi selalu mengalami kesulitan dalam menyusun teori, karena banyaknya buku-buku, jurnal ilmiah, laporan hasil penelitian, laporan tugas akhir yang tersebar dan tidak menyatu. Hal itu juga pernah dialami penulis saat menempuh seluruh mata kuliah tersebut. Oleh karena itu, berdasarkan pengalaman itu, penulis ingin membantu pembaca berlatih mengembangkan berbagai teori yang sangat berkaitan dengan MSDM. Banyak sekali teori MSDM yang sering digunakan oleh para mahasiswa, dosen, dan peneliti dalam mengembangkan model yang hendak diteliti. Melalui buku ini para pembaca disuguhkan teori tentang: (1) Budaya Organisasi, (2) Kompetensi, (3) Kepercayaan Diri, (4) Motivasi, (5) Komitmen Organisasi, (6) Pengembangan Karier, (7) Kinerja dan Produktivitas, (8) Kesejahteraan, (9) Ketekunan, (10) Pengawasan, (11) Pengambilan Keputusan, (12) Pendidikan dan Latihan, (13) Komunikasi Interpersonal, (14) Kepemimpinan, (15) Keadilan, (16) Kepuasan Kerja, (17) Konsep Diri, (18) Ketenangan Kerja/Lingkungan Kerja/Iklim Kerja, (19) Kerja sama, (20) Reward/Gaji, Pendapatan, Tunjangan, Reimunerasi, (21) Semangat Kerja, dan (22) Produktivitas. //ir

Oleh Muhammad Busro

Perilaku Organisasi

Buku ini membahas tentang bagaimana karyawan berpikir, emosinya, dan berperilaku. Siapapun pengelola organisasi ingin memastikan semua pikiran, emosi dan perilaku itu selaras dengan tujuan organisasi sehingga bila perlu mereka harus “membentuk”nya. Secara keseluruhan, materinya dibagi menjadi tiga bagian; level individual, level kelompok dan level organisasi. Bagian pertama, dibahas dimensi kepribadian karyawan, peran emosi kapasitas resiliensi, kreativitas dan inovasi, motivasi karyawan dan serba-serbi pemberian reward. Bagian kedua, pembahasan memfokuskan pada level kelompok, seperti dinamika tim, konflik dan negosiasi, serta masalah kekuasaan dan pengaruh, serta aspek kepemimpinan. Bagian ketiga, untuk level organisasi, buku ini membahas tentang pengembangan organisasi, tantangan dalam melakukan perubahan  serta masalah budaya organisasi. Yang khas dalam buku ini adalah adanya kasus kecil pengantar bab, fasilitas belajar aktif dan berpikir kritis yang dapat memfasilitasi dosen dan mahasiswa. //ir

Oleh Taufiq Amir

Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga

Konsumen adalah entitas yang mudah berubah. Keinginan mereka tak selalu lurus, kadang berbelok dengan amat cepat. Untuk itu, diperlukanlah suatu studi tentang perilaku konsumen agar segala gerak mereka mudah diantisipasi. Sebagai perangkat dasar dalam manajemen pemasaran, studi tentang perilaku konsumen amatlah menentukan. Dalam buku ini, penulis menjelaskan perilaku konsumen mulai dari sisi konseptual hingga  aplikasi dan implikasinya untuk strategi dan penelitian pemasaran.Buku ini terbagi menjadi empat bagian pembahasan yang sangat penting yaitu: Pertama, pengenalan perilaku konsumen secara umum dan hubungannya dengan strategi pemasaran; Kedua, faktor intern dan individual yang memengaruhi konsumen, seperti motivasi dan keterlibatan, kepribadian dan gaya hidup, persepsi konsumen, pembelajaran, dan sikap konsumen; Ketiga, topik lingkungan yang memengaruhi konsumen, meliputi komunikasi, dinamika kelompok dan kelompok rujukan, kelas sosial dan kelompok status, serta pengaruh budaya terhadap perilaku konsumen; dan keempat, penyebaran inovasi dan keputusan pembelian konsumen. //ir

Oleh Nugroho J. Setiadi

Teknik Reportase Dimensi Teoritis dan Praktis

Reportase dikenal sebagai roh dari proses dan aktivitas jurnalistik. Maka, hanya dengan pemahaman dan penguasaan yang komprehensif tentang teknik reportase, seorang reporter bisa menghasilkan produk jurnalistik yang bernas, akurat, dan mencerahkan. Buku ini membantu mahasiswa, calon reporter, dan masyarakat umum yang tertarik dengan dunia jurnalistik. Terutama untuk mendapatkan gambaran hal-hal penting yang perlu dilakukan ketika melakukan reportase di lapangan. Lebih spesifik, buku ini membahas tentang dimensi teoretis dan praktis mengenai detail proses reportase mulai menentukan narasumber yang akan diwawancarai, observasi lapangan, hingga riset dan pencarian data pendukung yang semua dibahas secara lengkap dengan bahasa yang mudah dipahami. Dilengkapi pula petunjuk teknis cara menulis berita dengan mudah dan disertai contoh. Buku ini memuat bab khusus yang membahas strategi reportase di masa pandemi agar tetap aman dalam menjalankan tugas jurnalistik. //ir

Oleh Lukman Hakim

Berita Terbaru