Buku

Sejarah Komunikasi Umat Manusia

Awalnya penghuni planet bumi kita ini terdiri dari hanya flora dan fauna, belum ada manusia. Salah satu jenis dari kelompok hewan yang disebut sebagai kera besar (the great apes) berevolusi, sehingga menjadi Homo sapien yang mampu menciptakan bahasa yang sama sekali berbeda dengan bahasa fauna lainnya. Mereka bisa menciptakan kata-kata yang mewakili imajinasi, sesuatu yang tidak ada. Dan dengan kemampuan bahasa ini, Sapien kemudian membangun peradaban, ilmu pengetahuan dan imperium global. Bagaimana semua ini bisa terjadi? Apa yang menyebabkan Sapien muncul sebagai pemimpin di Bumi? Tidak banyak yang tahu bahwa kuncinya adalah pada komunikasi. Buku ini menjelaskan bagaimana Sapien meningkatkan kemampuan mereka berkomunikasi dari level hewan menjadi komunikasi level manusia dan dengan segala konsekuensinya terhadap dunia. //ir

Oleh Morissan

Mudahnya Menulis Ilmiah

Menulis saja tanpa teori, tidak akan bisa menghasilkan tulisan yang sistematis. Memahami teori menulis tanpa dipraktikkan, sama saja hasilnya: tidak menjadi sebuah tulisan. Jadi, kedua hal itu harus dilakukan dengan baik. Buku ini, berusaha menyuguhkan dua hal itu: teori dan praktik. Di dalamnya diuraikan secara sistematis bagaimana urutan membuat tulisan (artikel ilmiah di jurnal, artikel populer media massa, buku, laporan PTK, dan sebagainya). Buku ini terdiri atas sepuluh bab. Bab pertama membahas seputar rangsangan, motivasi, dan semangat mengapa harus menulis. Bab dua mengupas cara membuat karya tulis ilmiah. Bab tiga mengulas cara menulis laporan penelitian tindakan kelas (PTK). Bab empat membahas cara menulis artikel di jurnal ilmiah. Kemudian, bab lima membahas cara menulis artikel ilmiah populer di media massa cetak dan online. Bab enam membahas cara menulis buku. Bab tujuh disajikan bahasa cara menulis kutipan dan menyusun daftar pustaka dengan memanfaatkan aplikasi. Bab delapan membahas cara mendeteksi plagiarisme. Adapun bab sembilan mengupas aplikasi manajer referensi dan bab sepuluh menyajikan kisah para penulis hebat yang karyanya banyak dibaca orang. //ir

Oleh IuRusliana

Komunikasi Bisnis

Buku ini disusun untuk memberi pegangan kepada mahasiswa di semua fakultas dan jurusan yang memberikan matakuliah komunikasi bisnis, mahasiswa magister dan doktor, guru, dosen, manajer, pemimpin organisasi, pemimpin perusahaan, pengelola pendidikan, mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, tesis, disertasi dan siapa saja yang tertarik menjadi wirausaha yang sukses ataupun mereka yang menyiapkan diri untuk meniti karier sebagai konsultan bisnis atau manajer profesional. Bagi para akademisi, khususnya para dosen dan mahasiswa, analisis dan kajian komunikasi bisnis baik melalui penelitian ilmiah maupun kajian-kajian ilmiah melalui seminar, workshop, pelatihan, dan lokakarya sampai saat ini sudah berkembang pesat. Organisasi penyusunan buku ini dibuat sedemikian rupa sehingga urut-urutannya sangat runtut. Dalam daftar isi terdiri dari sepuluh bab, yang mudah-mudahan dapat menjangkau seluruh aspek yang relevan dengan komunikasi bisnis. Bab-bab tersebut meliputi: Bab 1: Bisnis dan Lingkungan Bisnis; Bab 2:  Tantangan Bisnis; Bab 3: Konsep Dasar Komunikasi Bisnis; Bab 4:Komunikasi Bisnis dan Strategi Komunikasi; Bab 5: Karakter dan Perilaku Organisasi; Bab 6:Komunikasi Antarbudaya; Bab 7: Pemasaran dan Manajemen Pemasaran; Bab 8: Nilai, Persepsi dan Sikap Individu; Bab 9: Pengembangan Komunikasi Pemasaran; dan Bab 10:Teknologi Komunikasi Informasi. //ir

Oleh Sudaryono

Interpersonal Skill Kecakapan Antarpersonal

Buku ini disusun untuk memberi pegangan kepada mahasiswa di semua fakultas dan jurusan yang memberikan matakuliah kecakapan antarpersonal, mahasiswa magister dan doktor, guru, dosen, manajer, pemimpin organisasi, pemimpin perusahaan, pengelola pendidikan, mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, tesis, disertasi, dan siapa saja yang tertarik menjadi wirausaha yang sukses ataupun mereka yang menyiapkan diri untuk meniti karier sebagai konsultan bisnis atau manajer profesional. Bagi para akademisi, khususnya para dosen dan mahasiswa, analisis dan kajian kecakapan antarpersonal baik melalui penelitian ilmiah maupun kajian-kajian ilmiah melalui seminar, workshop, pelatihan, dan lokakarya sampai saat ini sudah berkembang pesat. Organisasi penyusunan buku ini dibuat sedemikian rupa sehingga urut-urutannya sangat runtut. Dalam daftar isi terdiri dari sepuluh bab, yang mudah-mudahan dapat menjangkau seluruh aspek yang relevan dengan kecakapan antarpersonal. Bab-bab tersebut meliputi: Bab 1: Konsep Komunikasi Antarpersonal; Bab 2: Bentuk-bentuk Komunikasi Antarpersonal; Bab 3: Komunikasi dan Strategi Organisasi; Bab 4: Komunikasi Antarbudaya; Bab 5: Pengelolaan Komunikasi Antarbudaya; Bab 6: Nilai, Persepsi dan Sikap Individu; Bab 7: Konsep dan Dimensi Kepribadian; Bab 8: Teori dan Tipe Kepribadian; Bab 9: Membangun Konsep Diri Positif; dan Bab 10: Membangun DNA Kesuksesan. //ir

Oleh Sudaryono

Ide Kreatif dalam Produksi Film

Film bukanlah semata sebagai karya seni, namun juga sebagai media komunikasi massa. Kreator film memiliki maksud tertentu menuangkan pesannya dalam gambar bergerak, tentu agar dimengerti oleh khalayak, dipahami, dan selanjutnya diinternalisasi sebagai suatu nilai (values). Itulah makna yang hakiki dari pendidikan sosial. Manusia juga bisa belajar tentang hidup dari suatu cerita (story), watak para pelaku yang ada di dalamnya (actor), maupun latar belakang sosial, budaya politik, dan lainnya yang ada dalam suatu film. Buku ajar ini bertujuan memperkaya pengetahuan mahasiswa tentang bidang komunikasi massa terutama film. Di dalamnya diuraikan dimensi proses kreatif yang dimulai dari pencarian ide cerita hingga menuangkannya dalam skenario. Setelah mempelajari buku ini pembaca diharapkan mempunyai kompetensi tentang ide-ide dalam film, sumber-sumber apa yang digunakan untuk menyusun cerita (story), pilihan genre sesuai sasaran si pembuatnya, dan pada akhirnya mahasiswa dapat mencoba membuat cerita tersendiri. Minimal mahasiswa dapat menyusun skenario sebuah film. Buku ini digunakan untuk pengayaan materi dan kompetensi keterampilan pada matakuliah Pengantar Ilmu Komunikasi, sehingga mahasiswa mampu memahami dan menguraikan proses, level, dan bidang komunikasi berdasarkan prinsip keilmiahan dan profesionalitas kinerja. //ir

Oleh Redi Panuju

Berita Terbaru