Buku ini disusun untuk memberi pegangan kepada
mahasiswa di semua fakultas dan jurusan yang memberikan matakuliah kecakapan
antarpersonal, mahasiswa magister dan doktor, guru, dosen, manajer, pemimpin
organisasi, pemimpin perusahaan, pengelola pendidikan, mahasiswa yang sedang
menyusun skripsi, tesis, disertasi, dan siapa saja yang tertarik menjadi
wirausaha yang sukses ataupun mereka yang menyiapkan diri untuk meniti karier
sebagai konsultan bisnis atau manajer profesional. Bagi para akademisi,
khususnya para dosen dan mahasiswa, analisis dan kajian kecakapan antarpersonal
baik melalui penelitian ilmiah maupun kajian-kajian ilmiah melalui seminar,
workshop, pelatihan, dan lokakarya sampai saat ini sudah berkembang pesat.
Organisasi penyusunan buku ini dibuat sedemikian rupa sehingga urut-urutannya
sangat runtut. Dalam daftar isi terdiri dari sepuluh bab, yang mudah-mudahan
dapat menjangkau seluruh aspek yang relevan dengan kecakapan antarpersonal.
Bab-bab tersebut meliputi: Bab 1: Konsep Komunikasi Antarpersonal; Bab 2:
Bentuk-bentuk Komunikasi Antarpersonal; Bab 3: Komunikasi dan Strategi
Organisasi; Bab 4: Komunikasi Antarbudaya; Bab 5: Pengelolaan Komunikasi
Antarbudaya; Bab 6: Nilai, Persepsi dan Sikap Individu; Bab 7: Konsep dan
Dimensi Kepribadian; Bab 8: Teori dan Tipe Kepribadian; Bab 9: Membangun Konsep
Diri Positif; dan Bab 10: Membangun DNA Kesuksesan. //ir
Oleh Sudaryono