Social Marketing Strategi Jitu Mengatasi Masalah Sosial di Indonesia
Pemasaran Sosial merupakan strategi pada aktivitas non
komersial yang bertujuan untuk memecahkan berbagai masalah sosial yang terjadi
di masyarakat. Konsep yang digunakan adalah teknik pemasaran dan komunilasi
sehingga dalam pelaksanaannya akan sangat memertimbangkan product, price,
place, dan promotion serta menggunakan teknik komunikasi yang tepat. Keunggulan
strategi ini sudah terbukti pada program Keluarga Berencana, program BPJS, dan
beberapa program kesehatan. Salah satunya program kesehatan yang sukses
menggunakan strategi ini adalah Program Obat Generik yang menjadi fokus kajian
dalam buku ini. Produk obat generik selalu dikembangkan untuk menjaga kualitas
serta untuk memenuhi keinginan dan harapan khalayak. Produk yang tadinya tidak
dikemas dengan baik sekarang ini sudah dikemas seperti obat-obat kemersial
lainnya. Produk yang tadinya dibuat dalam bentuk tablet atau kapsul. Harga obat
generic jauh lebih murah dibandingkan obat komersial sehingga lebih banyak
khalayak yang bisa mengakses obat ini. Kalau dulu tempat distribusinya hanya di
Puskesmas dan rumah sakit pemerintah saat ini sudah bisa diperoleh di apotik
lain sehingga mudah diperoleh. Promosinya pun dilakukan seperti promosi obat
komersial. Dengan demikian kemampuan obat generik dalam memperbaiki kesehatan
masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah menjadi lebih sukses. //ir
Tidak tersedia versi lain