Strategi Komunikasi & Statistik Sosial
Keberadaan strategi komunikasi telah dapat
dikatakan sebagai sebuah ilmu, setelah ditelaah melalui pendekatan berpikir
filsafat seperti di atas. Beberapa kajian ilmukomunikasi seperti komunikasi organisasi,
komunikasi manajemen, komunikasiantarbudaya, komunikasi politik, dan lain
sebagainya dapat dipersatukan dalam strategi komunikasi. Kemudian yang menjadi ciri
khas dari strategi komunikasi yaitustrategi komunikasi yang telah memiliki
objek, bidang garapan, dan metodologikajian yang jelas, dan lengkap. Agar dapat dikatakan menjadi sebuah ilmu yangkemudian menjadi telaah, objek kajian,
maupun perlakuan atau setting lingkungandan keadaan tertentu agar suatu proses
komunikasi tepat sasaran dan menciptakankesepahaman merupakan serangkaian kegiatan
kehidupan para pelaku proseskomunikasi. Media, komunikator, pesan, komunikasi, budaya lingkungan
atau bahkangangguan, di
dalamnya dapat menjadi objek kajian strategi komunikasi tersebut. Objek-objek
tersebut mampu dikelola dengan baik menggunakan pendekatanadaptif.
Misalnya, serangkaian kegiatan komunikasi yang terjadi antara penjual danpembeli
pada transaksi pasar digital. Proses komunikasi dalam transaksi antarpenjual
dan pembeli tetap terjadi walaupun dilakukan dalam keadaan virtual.Proses
transaksi tersebut dapat dikatakan berhasil apabila berlangsung dengancepat,
keinginan kedua pihak merasa terpenuhi, dan pesan dapat dimengerti olehkeduanya.
//ir
Tidak tersedia versi lain