Konstruksi Realitas Media Massa: Studi Fenomenologi Awak Redaksi
Semua produk berita media
dengan segala daya tariknya tidaklah lahir sendiri. Dia diciptakan oleh embrio
kiprah awak redaksi, mulai wartawan, redaktur, redaktur pelaksana, hingga pemimpin
redaksi yang bekerja dalam ruang kesadaran alam jurnalistik. Melewati jari-jari
tangan merekalah sebuah peristiwa ditakar dengan news value (nilai berita) agar menemukan kelayakannya untuk dihadirkan
kepada pembacanya. Buku ini mendeskripsikan suatu fenomenologi awak redaksi
media massa, yakni sebuah pengalaman sadar “Insan jurnalis” dalam
mengaplikasikan news value dalam
produksi beritanya. Buku ini juga sarat dengan teori-teori komunikasi yang
digunakan menjelaskan realitas kehidupan para “pekerja pers” dalam memaknai
realitas peristiwa yang dikonstruksikan menjadi berita. //ir
Tidak tersedia versi lain