Media dan Gender Sebuah Pengantar
Di antara belantara
buku-buku tentang teori gender dan feminisme, tidak banyak buku yang membahas
keterkaitan antara media dan gender. Padahal, media populer (televisi, film,
iklan) menjadi salah satu entitas terpenting dalam pendidikan, pembentukan dan internalisasi
identitas gender sejak masa kanak-kanak. Kekosongan literatur itulah yang
mencoba diisi dengan hadirnya buku ini. Selain itu, media yang dipilih untuk
menjadi kajian dalam buku ini adalah media kontemporer yang sejalan dengan
perkembangan jalan. Topik dalam buku ini di antaranya adalah: Representasi
femininitas dalam akun insta-selebritas Rachel Vennya; Representasi
maskulinitas dan analisis fandom dalam mobile
game “Game of Sultans”; Kajian ageing
dalam dua acara drama Netflix (Grace and Frankie dan The Kominsky
Method); dan Perlawanan tubuh liyan melalui gerakan body positivity dan body
neutrality melalui ruang-ruang virtual. Buku ini diperuntukkan bagi siapa
saja yang belajar atau tertarik untuk meneliti penggambaran gender dalam media
kontemporer. Sekaligus untuk memberikan corak baru terhadap penelitian feminist media studies yang semakin
interseksional, multidisipliner dan pesat dengan kehadiran media-media jejaring
sosial dan teknologi hiburan dan informasi modern. //ir
Tidak tersedia versi lain