Website “Muhaku Production”
merupakan bentuk konvergensi media dengan tujuan memberikan edukasi atau
informasi khususnya bidang multimedia agar tetap mengikuti tren, serta
memberikan kemudahan akses yang terintegrasi ke media sosial YouTube,
Instagram, dan Facebook bagi pengunjung. Pembuatan website “Muhaku Production”
terdiri dari tiga tahap yaitu perancangan, pengembangan dan pengujian. Proses
perancangan website meliputi penentuan dan pengelompokkan konten yang akan
dimasukkan kedalam website. Selanjutnya proses pengembangan website dibuat
menggunakan WordPress dengan menerapkan prinsip usability aspek learnability.
Pada proses pengujian terdiri dari pengujian satu aspek uji yaitu aspek
learnability, dimana proses pengujian menggunakan kuisioner dengan jumlah responden
sebanyak 28 orang. Pengujian pada aspek learnability menunjukkan hasil
kuisioner mudah untuk dipelajari dan dioperasikan mendapatkan hasil persentase
(39,3%) setuju dan (60,7%) sangat setuju. Jelas dan mudah dimengerti
mendapatkan hasil persentase (42,9%) setuju dan (57,1%) sangat setuju. Mudah
untuk dinavigasikan mendapatkan hasil persentase (35,7%) menyatakan setuju dan
(64,3%) menyatakan sangat setuju. Website terintegrasi dengan media social
mendapatkan hasil persentase (39,3%) setuju dan (60,7%) sangat setuju. //ir
Oleh Muhammad Hafizh Kurnia