Buku

Lima Sekawan : Dalam Lorong Pencoleng

Lima Sekawan adalah karya fiksi untuk anak yang ditulis oleh Enid Blyton. Lima Sekawan menceritakan petualangan seru yang dijalani oleh Julian, Dick, George, Anne, dan Timmy. Ke mana pun mereka pergi, pasti ada petualangan yang seru dan mengasyikkan. Kelima bersahabat ini memiliki karakteristik berbeda-beda yang menambah seru petualangan mereka. Dalam Lorong Pencoleng diterbitkan pertama kali pada tahun 1953, kemudian diterjemahkan dan dicetak ulang oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2018. Tak hanya Dalam Lorong Pencoleng, masih banyak petualangan seru lain dari lima sekawan yang bisa diikuti oleh anak-anak. Enid Blyton, penulis Lima Serangkai, merupakan penulis buku anak yang seluruh karyanya merajai barisan best seller di seluruh dunia. Beliau telah menerbitkan lebih dari 800 buku dalam 40 tahun karirnya sebagai penulis dan telah menerima berbagai penghargaan. Sinopsis Kali ini Lima Sekawan yakin di daerah pesisir Cornwall yang sepi tak akan ada petualangan. Tapi, ketika suatu malam mereka melihat sinar memancar dari sebuah menara tua, mereka jadi bertanya-tanya. Betulkah di zaman sekarang ini masih ada pencoleng yang merampok kapal-kapal yang lewat dengan menyalakan suar palsu? Akankah besok mereka menemukan kapal yang pecah berkeping-keping karena dijebak oleh para pencoleng itu? //ir

Oleh Enid Blyton

Komunikasi Risiko Konsep, Teori, dan Strategi

Buku ini merupakan pengantar dalam memahami komunikasi risiko. Isi buku menguraikan konsep-konsep dasar, teori, hingga strategi dan penerapan manajemen komunikasi risiko. Bagian awal buku ini menjelaskan pemahaman mengenai risiko, definisi risiko, perbedaan risiko dengan konsep lain sebagai bahaya, kerentanan, dan kapasitas. Bagian selanjutnya membahas mengenai konsep dasar komunikasi risiko (definisi komunikasi risiko, perbedaan komunikasi risiko dengan komunikasi krisis). Bagian ini juga menjelaskan mengenai elemen komunikasi risiko (komunikator, pesan, khalayak), dan dampak dari komunikasi risiko. Bagian terakhir buku ini, mendiskusikan mengenai manajemen komunikasi risiko, model dan praktik manajemen komunikasi risiko di berbagai negara dan terdapat uraian umumĀ  keterkaitan dengan Enterprise Risk Management, Governance Risk Compliance, dan Reputational Risk. //ir

Oleh Inadia Aristyavani

Komunikasi Lintas Budaya dan Agama

Problem hubungan antaretnis dan antarumat beragama di seantero negeri dan di belahan dunia lain dari waktu ke waktu mengalami fluktuatif. Ada saatnya bersahabat, damai, dan tenteram, tetapi pada saat lain terkadang bersitegang dan bahkan tidak sedikit menimbulkan kerusuhan. Sebagaimana yang terjadi di Kota Sukabumi ketika penulis melakukan studi yang amat panjang tentang komunikasi lintas agama pada akhir 2007 sampai awal 2010-an. Studi tersebut mengungkapkan beberapa faktor penyebab terganggunya hubungan antarumat beragama yaitu faktor internal dan eksternal. Peran tokoh agama sangat penting dalam mengatasi berbagai hambatan komunikasi antarumat beragama. Tokoh-tokoh agama perlu lihai menyusun dramaturgi sebagai reaksi terhadap keadaan sosial masyarakat. Oleh karena itu, tokoh-tokoh agama berupaya untuk merumuskan manajemen komunikasi secara optimal, baik manajemen melalui simbol verbal maupun nonverbal untuk umat agamanya dan juga untuk umat agama lain. Dalam buku ini juga diuraikan adanya ketegangan antaretnis dan umat beragama yang disebabkan adanya persaingan dalam masalah penyebaran agama, pendidikan, ekonomi, dan politik. Bagaimana langkah-langkah untuk mengatasi persaingan tersebut? Dr. Ujang Saefullah M. Si. telah menjabarkannya secara jelas dalam buku ini. //irĀ 

Oleh Ujang Saefullah

Pendidikan Kewarganegaraan

Perkembangan kehidupan kenegaraan Indonesia mengalami perubahan yang sangat besar, terutama berkaitan dengan gerakan reformasi 1998. Oleh karena itu, materi PKn tidak mungkin dilepaskan dari perkembangan kenegaraan tersebut agar kadar keilmiahan serta objektivitasnya dapat dipertanggungjawabkan. Banyak tuduhan dialamatkan pada sosok PKn, dan tuduhan itu barangkali juga ada benarnya. Beberapa tuduhan itu antara lain, PKn sering bersifat politis daripada akademis, lemah landasan keilmuannya, tidak tampak sosok keilmiahannya, sering dititipi kepentingan politik penguasa. Berdasarkan kenyataan tersebut maka sudah merupakan keharusan untuk menata ulang materi PKn pada jenjang Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, maupun Pendidikan Tinggi agar sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam proses penyusunan buku referensi PKn ini, penulis berupaya untuk mengumpulkan buku-buku referensi dan dokumen-dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan. Buku ini diangkat dari hasil penelitian deskriptif-historis yang mendalam dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Buku ini sangat bermanfaat sebagai buku referensi pada Prodi PPKn jenjang S1, S2, maupun S3, untuk para guru PKn SD, SMP, dan SMA, maupun pengajar PPKn di MKU perguruan tinggi. //ir

Oleh Sunarso

Media Pembelajaran Digital

Pendidik maupun calon pendidik diharapkan memiliki keterampilan dalam penggunaan media digital sebagai salah satu sarana pembelajaran. Keterampilan ini akan membantu pendidik dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Selain itu, keterampilan membuat media pembelajaran digital juga akan menuntun pendidik untuk semakin kritis dan kreatif dalam memilih, membuat, mengevaluasi, dan menggunakan media pembelajaran digital. Buku ini dapat digunakan sebagai salah satu referensi bagi pendidik maupun calon pendidik dalam mengembangkan keterampilan di ranah media pembelajaran digital. Isinya mencakup tuntunan praktis dan sistematis dalam membuat aneka media pembelajaran digital. Garis besar materi buku ini meliputi: pemilihan media pembelajaran digital, penggunaan email, Google Drive, Youtube, blog, Quizizz, dan Google Forms, teknik mengolah gambar digital, membuat grafik, mindmap, dan komik digital. Selanjutnya, terdapat pembahasan mengenai teknik-teknik dalam menggunakan program PowerPoint secara optimal, membuat video pembelajaran, membuat multimedia interaktif berbasis Android, mengelola sistem pembelajaran daring, melaksanakan penelitian dan pengembangan media pembelajaran, dan menulis serta memublikasikan artikel ilmiah. //ir

Oleh Batubara, Hamdan Husein

Berita Terbaru