Perpustakaan Sekolah Tinggi Multi Media

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perancangan Game 2D Side Scrolling
Penanda Bagikan

Perancangan Game 2D Side Scrolling "Serangan Gerilya" dalam Pembelajaran Sejarah

Finsa Yanuar Firdaus - Nama Orang;

Pada karya penciptaan yang
berjudul Penciptaan
Game 2D Side Scrolling “Serangan Gerilya” ini
dilatarbelakangi karena generasi saat ini tidak terlalu mengingat
peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi sesudah kemerdekaan Republik
Indonesia.
Game ini ditujukan sebagai
media edukasi atau pembelajaran untuk mengingatkan masyarakat khususnya para
remaja tentang peristiwa bersejarah di masa lampau ketika Rakyat Indonesia
berjuang mati-matian untuk mempertahankan kemerdekaan dengan berbagai cara.
Salah satunya melakukan serangan secara sembunyi-sembunyi. Maka dari itu
dibuatlah
game Serangan Gerilya Game ini bergenre 2D Side Scrolling
yang ditujukan sebagai media edukasi atau pembelajaran untuk mengingatkan
masyarakat khususnya para remaja. Hal ini di buktikan dengan hasil penelitian
game
edukasi yang berjudul “
Game Edukasi untuk Pembelajaran Sejarah Kemerdekaan
Indonesia
” pada tahun 2013 bahwa sebanyak 86,25% siswa memperoleh tambahan
ilmu pengetahuan setelah bermain
game dan didukung oleh pernyataan guru
bersangkutan yang menyatakan bahwa
game ini dapat membantu siswa dalam
mempelajari sejarah kemerdekaan Indonesia. Terdapat 3 level dan disetiap level
mempunyai latar tempat, waktu, suasana yang berbeda. Pada level 1 berlatar
tempat di Tugu pada siang hari, pada level 2 berlatar tempat di Benteng
Vredeburg
pada sore hari, pada level 3 berlatar tempat di Bank Indonesia pada malam hari.
Rintangan akan semakin sulit seiring dengan bertambahnya setiap
stage.
Kemudian produksi dilanjutkan dengan pembuatan
asset visual dan audio.
Lalu pada pasca produksi dilakukan
edittingasset sehingga siap
digunakan. Setelah semua
asset siap, dilanjutkan programming
sehingga
gamenya bias dimainkan. Kesimpulan dari game Serangan
Gerilya yaitu
game ini merupakan game kategori side scrolling
yang memiliki latar belakang sejarah serangan umum 1 Maret yang terjadi di
Yogyakarta. Aturan permainannya harus menyelesaikan misi dengan cara melewati
setiap
stage dan obstacle tanpa terbunuh. Game ini diharapkan
mampu meningkatkan kemampuan
player
untuk dapat berpikir secara kritis dalam memainkannya, sehingga tidak
semata-mata hanya bermain.//ir


Ketersediaan
#
Perpustakaan Buku (R. DTP) 93/103-TP/2021
0000023122
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
93/103-TP/2021
Penerbit
Yogyakarta : STMM., 2021
Deskripsi Fisik
xii+73 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
005.5 760 950
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
game komputer-2d-sejarah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Finsa Yanuar Firdaus
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Sekolah Tinggi Multi Media
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Sekolah Tinggi Multimedia adalah unit penunjang yang berada di dalam Sekolah Tinggi Multimedia yang berfungsi memberikan layanan perpustakaan khususnya bagi sivitas akademika di lingkungan Sekolah Tinggi Multimedia. Perpustakaan Sekolah Tinggi Multimedia berkomitmen penuh untuk memberikan dukungan teknis terhadap kegiatan akademik di Sekolah Tinggi Multimedia, yaitu dalam hal pendidikan dan penelitian. Hal ini dilakukan dengan terus mengembangkan diri dan melakukan inovasi dengan pengembangan koleksi, mengembangkan sistem informasi, serta memberikan layanan prima bagi pemustaka.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?